Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Berapa Perempuan Capai Gairah Tertinggi?

Kompas.com - 14/12/2010, 19:02 WIB

KOMPAS.com Saat usia 20-an, memang tubuh berada pada puncak kekuatan dan energi. Namun jangan salah, gairah bercinta perempuan justru tidak berada pada usia tersebut. Perempuan memiliki kecenderungan gairah tertinggi pada usia tertentu.

Pada sebuah studi yang dilangsungkan oleh University of Texas, para peneliti menemukan bahwa perempuan mencapai gairah tertingginya pada usia sekitar 30 tahunan.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan berusia antara 27 dan 45 tahun memiliki peningkatan gairah bercinta dan lebih bersemangat untuk terlibat dalam aktivitas seksual yang lebih beragam dan penuh petualangan.

Ketimbang perempuan yang lebih muda, para wanita yang berada dalam kelompok usia ini lebih mungkin merasakan fantasi seksual yang lebih sering, pikiran tentang aktivitas seksual, fantasi seksual yang lebih intens, punya pemikiran untuk bercinta dengan lelaki yang bukan pasangannya (one night stand), dan punya kehidupan seksual yang aktif.

Pertanyaannya, mengapa ini terjadi di usia 30-an? Ternyata, pada umumnya, perempuan menunggu untuk memiliki bayi pada usia sekitar 30 tahun. Para ahli percaya, gairah yang memuncak pada usia ini merupakan cara alami tubuh untuk memaksa diri agar cepat memiliki keturunan sebelum terlambat.

Kemungkinan terbesar adalah, semakin perempuan beranjak dewasa, libidonya meningkat sebagai respons bahwa masa kesuburannya untuk menghasilkan anak semakin berkurang. Di lain pihak, hal ini bisa juga merupakan sebuah apresiasi diri para perempuan terhadap tubuhnya bahwa pada usia tersebut, ia mulai semakin nyaman dengan tubuhnya dan seks merupakan sebuah "perayaan" terhadap keindahan tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com