Cabuti Rambut Ketiak, Amankah?

Kompas.com - 26/12/2010, 23:38 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya mau bertanya. Apakah benar kebiasaan sering mencabuti rambut ketiak itu akan dapat menyebabkan kanker? Beberapa teman saya bilang seperti itu, padahal saya sudah lama melakukannya. Apakah hal tersebut benar, dok? Kalau memang benar, apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

JAWAB : 

Saya rasa itu tidak benar. Yang benar, ketika dilakuan pencabutan, bisa terjadi reaksi peradangan pada daerah pencabutan akibat trauma cabutan.  Reaksi dari peradangan tersebut bisa membentuk sebuah benjolan, berwarna kemerahan, timbul rasa nyeri dan bahkan benjolan bisa saja menetap meskipun tanpa rasa nyeri.

Kadangkala benjolan bisa saja besar. Jika sampai terjadi infeksi maka bisa terbentuk benjolan yang disebut dengan abses, di mana di dalam benjolan terisi nanah dan ini bisa saja memerlukan pengobatan dengan antibiotika, anti peradangan dan anti nyeri. Atau, bahkan bisa dilakukan pembedahan kecil berupa pengeluaran nanah (pus).

Seharusnya, jika pencabutan itu dilakukan secara bersih (steril) akan bersifat aman dan tidak memberikan reaksi peradangan dan infeksi. Semoga jawaban saya dapat memuaskan anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.