Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APMB Jamin Susu Formula Aman

Kompas.com - 10/02/2011, 16:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perusahaan Makanan Bayi (APMB) menjamin semua susu formula untuk usia 0 sampai 6 bulan dari perusahaan-perusahaan di bawah APMB aman dari cemaran bakteri Enterobacter sakazakii (EZ).

Beberapa perusahaan di bawah APMB di antaranya Nestle, Frisian Flag, Sari Husada, Wyeth, Kalbe, Fonterra, Mead Jhonson, Abbott, Pfizer, Nutricia, dan Mirota.

Penegasan ini disampaikan APMB menyikapi putusan MA yang memerintahkan Kementerian Kesehatan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan IPB untuk membuka merek-merek susu formula yang mengandung bakteri sebagaimana hasil riset IPB yang dipublikasikan pada 2008.

Menteri Kesehatan RI- Endang Rahayu Sedyaningsih dalam konferensi pers bersama BPOM dan IPB di Gedung Kemenkominfo, Kamis (10/2/2011), menyatakan tidak dapat mengungkap nama-nama susu yang tercemar dengan alasan menghargai etika dan independensi riset IPB.

"APMB sangat menghargai pernyataan Ibu Menteri tentang bakteri ini. Kami mendukung dan menjamin bahwa susu formula dari sejumlah perusahaan di bawah APMB aman untuk dikonsumsi masyarakat, kami menjamin untuk itu, apalagi proses produksi susu juga sudah sesuai dengan standar WHO," ungkap Direktur Eksekutif APMB, Irawati Susalit, saat dijumpai di kantornya di Bintaro, Kamis (10/02/2011).

Ira menjelaskan, perusahaan-perusahaan susu di bawah APMB melakukan produksi dengan pengawasan yang ketat. Seluruh prosedur mulai dari awal proses produksi sampai dengan pengemasannya didasarkan pada riset dan standar yang ditetapkan baik dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) maupun pemerintah.

Beberapa standar validitas yang diikuti APMB di antaranya Hazard Analysis Critical Control (HACCP), Good Manufacturing Practices, Codex Alimentarius, dan Sertifikat Pengujian BPOM.

Apalagi, BPOM juga melakukan pengawasan ketat sebelum dan sesudah susu formula diproses. "Produk-produk susu dijamin keamanannya oleh BPOM juga. Jika kita membeli susu formula, bisa juga melihat aturan tertulis di label susu yang menyatakan susu sudah mendapat ijin dari BPOM. Berarti susu formula aman dikonsumsi oleh bayi," tambah Ira.

Ira berpendapat, riset yang dilakukan oleh IPB merupakan murni penelitian untuk tujuan ilmiah, tanpa ada maksud untuk membedakan susu formula yang aman dan tidak aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com