Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Latihan Fisik Seleb Menjelang Oscar

Kompas.com - 25/02/2011, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Tampil sempurna dengan tubuh ideal, terlihat segar dan sehat, boleh jadi adalah impian selebriti dunia menjelang penganugerahan perfilman Piala Oscar pada Minggu, 27 Februari 2011 nanti. Latihan fisik pun menjadi agenda penting selebriti menyambut ajang bergengsi ini. Tubuh ideal dibalut gaun atau busana pesta yang sudah dipersiapkan sejak lama, akan semakin menarik perhatian mata dunia. Meski tak menang Oscar, setidaknya tampil sempurna dalam ajang ini menjadi kebanggaan tersendiri. Anda juga bisa meniru latihan fisik dalam sembilan hari yang dilakoni seleb mempersiapkan tubuh jelang Oscar.

Rahasia bintang dunia menjalani latihan fisik sembilan hari ini adalah kardio dengan intensitas tinggi, dikombinasi dengan latihan kekuatan untuk merevitalisasi metabolisme.

Hari pertama, latihan kardio dan  perut. Untuk kardio, intensitasnya dalam level moderat selama 20 menit. Lakukan sejumlah olahraga seperti berlari, bersepeda, berenang, atau apapun jenis kardio yang menantang dan fokus pada gerakan. Lanjutkan dengan latihan perut seperti gerakan plank. Latihan ini menguatkan otot perut Anda.

Hari kedua, kardio dan melatih tubuh bagian atas. Lakukan kardio dengan intensitas moderat selama 25 menit, lalu lakukan 3-5 gerakan untuk melatih tubuh bagian atas (sebanyak tiga set, 10-12 repetisi per set).

Hari ketiga, kardio dan melatih tubuh bagian bawah. Lakukan kardio dengan intensitas moderat selama 30 menit, lanjutkan dengan latihan kekuatan otot yang fokus pada tubuh bagian bawah. Anda membutuhkan kursi dan barbel seberat dua kilogram untuk melatih tubuh bagian bawah.

Hari keempat, interval training. "Tipe latihan ini membantu Anda melunturkan lemak terutama di bagian perut," kata psikolog olahraga, Amy Dixon, yang juga fitness manager Equinox di Santa Monica, California, Amerika. Caranya, Anda melakukan latihan interval dengan pilihan aktivitas seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lompat tali. Pilih latihan yang Anda senangi agar hasilnya maksimal. Caranya:
* Lakukan pemanasan selama 10 menit, mulai dari intensitas latihan ringan ke moderat. Ukurannya, semakin tinggi intensitas semakin sedikit kata yang bisa keluar dari mulut Anda.
* Lakukan sprint sebanyak 10 kali, dengan 30 detik sprint dan 30 detik recovery dengan jalan kaki atau jogging di antara interval.
* Lanjutkan dengan sprint selama 10 menit dengan intensitas moderat.
* Lalu sprint lagi 10 kali, dengan 30 detik sprint dan 30 detik recovery dengan jalan kaki atau jogging di antara interval.
* Kemudian lakukan pendinginan selama lima menit.

Hari kelima, putar DVD yoga atau Pilates, dan ikuti gerakannya. Setelah berlatih keras, saatnya meregangkan otot Anda. Heidi Klum, Cameron Diaz,  dan Kate Hudson melakukan latihan ini dengan mengandalkan tiga set DVD yang dikombinasikan dengan 15 jenis latihan pendek yang dirancang oleh Fred DeVito dan Elisabeth Halfpapp.

Hari keenam, waktunya melakukan kombinasi latihan yang diciptakan Wayne Westcott, PhD, direktur penelitian olahraga di Quincy College, Massachusetts, Amerika. Lakukan latihan kekuatan otot selama satu menit dengan repetisi sebanyak mungkin, lanjutkan dengan satu menit bersepeda, lalu lakukan latihan kekuatan otot yang berbeda selama 20 menit.

Hari ketujuh, latihan kardio dan tubuh bagian atas. Lakukan kardio dengan intensitas tinggi 30-35 menit. Lanjutkan dengan latihan tubuh bagian atas.

Hari kedelapan, kardio dan tubuh bagian bawah. Lakukan kardio dengan intensitas tinggi 35-40 menit. Lanjutkan dengan latihan tubuh bagian bawah.

Hari terakhir, kardio dan push up. Pada pagi hari, lakukan latihan interval selama 20 menit dengan gerakan kreasi Anda sesuai pengalaman sebelumnya. Lakukan push up sesering mungkin. Rehat selama satu menit, lalu ulangi lagi gerakan yang sama. Latihan ini akan meningkatkan oksigen dalam tubuh dan menyebar di tangan, dada, punggung. Hasilnya, Anda akan terlihat menawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com