Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erwin Parengkuan: Perempuan Perlu Mengeksplorasi Diri

Kompas.com - 26/02/2011, 20:12 WIB

KOMPAS.com — Anda bosan dengan pekerjaan? Atau bahkan tak menikmati kehidupan yang Anda miliki sekarang dan cenderung statis tak berkembang? Keadaan yang Anda alami saat ini adalah refleksi pilihan yang Anda buat sebelumnya. Artinya, jika Anda hanya bergantung pada satu pekerjaan yang tidak sepenuhnya Anda sukai, ini adalah pilihan yang Anda buat sendiri. Andalah yang membuat keadaan membosankan ini karena hanya memilih satu pekerjaan, bergantung padanya, dan bukan passion Anda.

Presenter, penulis buku, dan pemilik sekolah Public Speaking Talk-Inc, Erwin Parengkuan, mengatakan bahwa mencintai pekerjaan memang harus dan penting, tetapi yang lebih mutlak bagi perempuan adalah mengeksplorasi dirinya agar menjadi individu yang lebih kuat dan independen.

"Jika seseorang hanya bergantung pada satu profesi, karier, atau pekerjaan dan merasa tak menikmatinya, dia sendirilah yang menginginkan keadaan seperti itu. Dia yang membuat hanya ada satu pilihan dalam hidupnya. Padahal, jika mau mengeksplorasi dirinya lebih dalam, dan tidak hanya bergantung pada pekerjaan yang membosankan baginya, dia bisa melakukan hal lain yang disenanginya. Misalnya, bosan dengan pekerjaan di kantor yang statis, dia bisa berwirausaha atau melakukan hal lain yang disukainya dan sesuai dengan kepribadiannya," papar Erwin dalam talkshow bertema "Do You Love Your Job" di Atrium Senayan City, Jakarta, Sabtu (26/2/2011).

Karenanya, kata Erwin, pengembangan diri seharusnya menjadi misi bagi setiap individu dalam menjalani karier atau apa pun dalam hidupnya. "Jangan menjadikan uang sebagai tujuan, tetapi berpikirlah untuk pengembangan diri dalam melakukan segala hal," tuturnya.

Musisi Maia Estianty yang juga hadir di talkshow sebagai brand ambassador Dove menambahkan, bekerja karena suka dan karena hobi membuatnya lebih menikmati kariernya saat ini. "Lebih enak bekerja dari hobi, sekalipun bosan lebih karena rutinitasnya, tetapi bukan karena pekerjaan yang memang disukai," ungkapnya. Toh, kata Maia, saat perempuan mulai bosan dengan pekerjaan yang dipilihnya, banyak cara menyiasatinya. "Kalau bosan, bisa menjalani bisnis yang disukai dan sesuai dengan keinginannya," tuturnya.

Erwin menanggapi, artinya dengan kemauan mengeksplorasi kepribadian dalam diri, setiap orang bisa menemukan bakat sehingga bisa menjalani berbagai hal dengan lebih menyenangkan. "Bakat bisa dicari dan Anda bisa menjadi apa saja yang Anda inginkan," katanya.

Meski begitu, tak lantas Anda harus berhenti dari pekerjaan atau aktivitas yang dipilih sebelumnya karena tak lagi menyukai atau menikmatinya. "Kalau tak betah di pekerjaan saat ini, jangan mudah menyerah, lihat tantangan ke depan yang akan lebih menyenangkan," katanya.

Jadi, kenali diri, temukan bakat, bertahan dengan pilihan saat ini sambil mencari apa lagi yang bisa Anda lakukan bersamaan agar hidup lebih menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com