Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Rumah Tangga yang Sehat Semakin Dicari

Kompas.com - 09/03/2011, 15:24 WIB

KOMPAS.com - Peralatan rumah tangga juga tak kalah canggih dengan sentuhan teknologi terkini. Dapur juga perlu dilengkapi dengan produk premium. Bukan sekadar bicara tampilan, namun juga kualitas dan sejauhmana alat rumah tangga menunjang gaya hidup hijau dan hidup sehat.

"Kebanyakan konsumen di kawasan Asia Tenggara, 5-6 tahun lalu lebih mempertimbangkan harga saat membeli produk rumah tangga. Namun kini mereka lebih mempertimbangkan kehidupan yang lebih baik," jelas Spencer Shim, Vice President DAS (Digital Air Solutions) Sales and Marketing Group, Digital Appliance Business Samsung Electronics, kepada Kompas Female di sela acara Samsung Forum 2011, Marina Bay Sands Convention Center, Singapura, Senin (7/3/2011) lalu.

Sejumlah alat rumah tangga inovasi terkini seperti mesin cuci, lemari es, microwave, vacuum cleaner, dan air conditioner, dipamerkan dalam Samsung Forum 2011. Semua produk mengusung teknologi yang berkontribusi atas gaya hidup ramah lingkungan, juga gaya hidup sehat dengan berbagai inovasinya. Teknologi diciptakan juga untuk memberikan kontribusi pada pengguna, terutama dalam memperbaiki kualitas hidup.

"Produk yang dikembangkan sebaiknya memberikan kontribusi kepada konsumen," kata Shim. Shim menambahkan, meski masyarakat mulai mempertimbangkan produk yang menunjang kualitas hidup, pada dasarnya segmen pasar alat rumah tangga terbagi dua. Segmen yang melihat harga saat memilih produk, dan segmen yang lebih memedulikan produk itu sendiri.

Produk rumah tangga mengalami perkembangan produksi setiap bulan, bahkan setiap minggu, kata Shim. Artinya selalu ada inovasi produk yang mengikuti kebutuhan pengguna. Kecenderungannya, kata Shim, produk premium semakin digemari dan produk standar ditinggalkan. Artinya, pengguna semakin menyadari pentingnya kontribusi alat rumah tangga terhadap perbaikan kualitas hidup.

Menanggapi konsumen Indonesia, Shim meyakini masyarakat Indonesia juga sama dengan masyarakat dunia dalam hal kepedulian gaya hidup hijau dan sehat dengan pilihan alat rumah tangga tepat. "Pasar di Indonesia 50 persennya adalah segmen standar, 49 persen deluxe, dan hanya 10 persen premium. Namun komposisi ini akan berubah dengan semakin banyaknya pasar premium yang menggunakan produk premium," jelas Shim.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah alat rumah tangga di rumah hemat energi atau hemat listrik, atau memerhatikan kesehatan tubuh Anda dan keluarga? Seperti steam microwave Samsung, yang dirancang untuk menunjang cara memasak lebih menyehatkan. Atau lemari es yang dirancang dengan banyak pintu, bahkan laci, untuk memisahkan bahan makanan. Dengan demikian, makanan lebih segar dan terhindar dari bau makanan lain. Inovasi alat rumah tangga seperti ini bisa menjadi referensi Anda memilih alat rumah tangga. Hidup sehat bisa dimulai dari alat dapur Anda di rumah.

Michael Lily, Senior Digital Appliances Manager PT Samsung Electronics Australia dalam presentasinya di sesi wawancara juga menjelaskan, steam microwave menjadi tren bagi masyarakat di Eropa. Ini terjadi lantaran banyak dari mereka makin meningkatkan perilaku gaya hidup sehat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com