3 "Comfort Food" untuk Melawan Flu

Kompas.com - 16/03/2011, 16:33 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Ketika situasi membuat fisik atau mood kita menurun, seringkali kita mencari comfort food, atau makanan yang membuat kita nyaman secara psikologis. Pada saat kita mengalami nyeri haid, misalnya, kita merasa mual dan perut kembung. Biasanya kita mencari makanan berkuah yang panas, untuk menghilangkan rasa mual dan kembung itu.

Pada beberapa orang jenis makanan yang dicari akan berbeda, karena kita memiliki pandangan yang berbeda tentang comfort food ini. Saat Anda menginginkan mi instan panas untuk mengatasi perut kembung (meskipun mungkin bukan mi instan yang akan membuat perut Anda sembuh), teman Anda mungkin menginginkan buah-buahan yang mengandung banyak air. Pada saat stres, Anda mencari pelepasan dengan memakan es krim atau sepotong Opera Cake.

Namun secara umum, makanan apa sih yang bisa membuat tubuh kita lebih nyaman saat terserang flu?

Sup ayam. Bahan-bahan dalam sup ayam mengandung zat antiradang yang mencegah penyebaran neutrophil ke saluran pernafasan. Neutrophil adalah sel darah putih yang dapat menimbulkan radang sebagai gejala demam. Sup ayam menghambat produksi ingus, dan uap hangatnya melancarkan rongga hidung. Kandungan bawang putih dan jahe dalam semangkuk sup ayam hangat ampuh melegakan hidung dan menghangatkan.

Jus jeruk. Agak terlambat bila Anda baru mengonsumsi vitamin C ketika flu sudah menyerang. Penyakit Anda mungkin tak akan teratasi sama sekali. Yang baik jika Anda mengonsumsi vitamin C (yang ada pada banyak buah-buahan) sebelum Anda sakit. Bahkan, saat Anda sehat juga, karena vitamin C akan memperkuat daya tahan.

Air panas dan madu. Mencampur air putih, jus, kaldu bening, atau air jeruk nipis, dengan madu, juga kerap dikonsumsi orang ketika tenggorokan mulai perih, dan hidung berair. Bahan-bahan makanan tersebut bisa membantu melonggarkan hidung yang tersumbat, dan mencegah dehidrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.