Vaksin Flu untuk yang Berisiko Tinggi

Kompas.com - 12/05/2011, 14:56 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com — Vaksin flubio merupakan salah satu produk terbaru PT Bio Farma yang dikembangkan para peneliti saat influenza mewabah di Indonesia. Vaksin ini direkomendasikan untuk mereka yang berisiko tinggi dalam pencegahan terhadap virus influenza tipe A (H1N1), tipe B (H3N2), dan tipe C.

"Vaksin flu ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang berisiko tinggi, seperti para manula, pekerja kesehatan, orang yang sering traveling, orang yang kekebalan tubuhnya rendah, juga orang dengan kesibukan tinggi seperti wartawan," kata N Nurlaela, Kepala Bagian Public Relations PT Bio Farma, di sela-sela acara seminar "Kemandirian Industri Vaksin Nasional" di Wisma Antara, Kamis (12/5/2011).

Kendati begitu, ada juga orang yang tidak disarankan untuk tidak menerima vaksin flu ini, misalnya orang yang memiliki riwayat alergi terhadap vaksin flu sebelumnya atau alergi telur, penderita Guillen-Barre Syndrome, anak di bawah usia 6 bulan, dan ibu hamil.

Di pasaran vaksin, flubio ini dijual dengan kisaran harga Rp 100.000. Vaksin ini perlu mendapat ulangan setahun sekali.

Pada kesempatan tersebut, PT Bio Farma juga memberikan kesempatan kepada puluhan wartawan untuk mendapatkan vaksin flubio secara cuma-cuma. Pemberian vaksin ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh wartawan yang memiliki tingkat aktivitas cukup tinggi.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X