Menyikapi Generasi Z Si Anak Instan

Kompas.com - 23/05/2011, 19:28 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com — Perkembangan zaman begitu pesat, terlebih dengan kecanggihan teknologi yang semakin akrab dengan dunia anak-anak. Pada era ini, lahirlah generasi muda yang dikenal dengan sebutan Generasi Z. Generasi Z juga punya nama lain, di antaranya net generation, digital generations, atau gen next.

Generasi Z memiliki sejumlah karakter khas:
1. Memiliki akses yang cepat terhadap informasi dari berbagai sumber.
2. Dapat mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan (multitasking).
3. Lebih menyukai hal-hal yang bernuansa atau bernapaskan multimedia.
4. Lebih menyukai berinteraksi via dunia maya, jejaring sosial (Facebook, Twitter, Yahoo Messengger, hingga BBM).
5. Dalam belajar, lebih menyukai hal-hal yang bersifat aplikatif dan menyenangkan.

Karena sejumlah karakter inilah, pola hidup dan pola pikir anak-anak Generasi Z juga berubah. "Banyak orang bilang, anak-anak ini adalah anak instan. Segala sesuatu mesti instan dan cepat. Juga, mereka sering menggampangkan hal-hal dalam kehidupannya," papar dra Mira Rumester dalam seminar parenting yang diadakan Binus International School beberapa waktu lalu.

Jadi, kata Mira, tak ada proses dalam diri anak-anak Generasi Z. "Inilah yang harus orangtua tanamkan dalam diri mereka, boleh ber-gadget ria, berinternet ria, tapi mereka tidak boleh melupakan proses," lanjutnya.

Orangtua bertindak sebagai fasilitator
Sebagai orangtua, lanjut Mira, mereka harus bisa menjadi fasilitator yang baik bagi anak Generasi Z. "Bukan tidak boleh mereka menjadi Generasi Z, tapi jaga mereka supaya tetap bisa menjadi manusia yang mengenal proses dan hidup berproses. Jika hal ini tidak dilakukan, anak bisa saja kelak menjadi manusia yang hidupnya mengejar apa pun, yang penting goal-nya terwujud," tandas Mira.

(Nakita/Zalu)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X