Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia Sukses Jadi Duta Pariwisata

Kompas.com - 29/09/2011, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Menjadi inspirasi juga merupakan bagian dari kontribusi, inilah yang dibuktikan Zukhriatul Hafizah, Runner Up I Puteri Indonesia 2009, yang tahun lalu meraih gelar Miss Friendship dari ajang Miss Internasional 2010 ke-50, di Chengdu, China. Namun perempuan yang akrab disapa Fiza ini tak berpuas diri hanya dengan menjadi inspirasi. Sarjana komunikasi massa dari The London School of Public Relations Jakarta ini hingga kini tak hentinya mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia.

Atas inisiatifnya, Fiza menggandeng sponsor, mengundang para kontestan Miss International 2010 untuk berwisata ke Ubud, Bali, Indonesia. Undangan yang dikirimnya melalui email, mendapat sambutan hangat.

Alhasil, enam negara menyatakan kesediaannya memenuhi undangan Fiza berkunjung ke Ubud, Bali. Para kontestan dari Jepang, Lebanon, Yunani, Srilanka, Malaysia, dan Singapura, ini lalu mengikuti wisata budaya selama lima hari.

"Kami sediakan akomodasi mereka selama di Bali. Mereka hanya perlu membeli tiket ke Indonesia. Ini seperti reuni di Bali. Namun sekaligus juga kita bisa mengenalkan makanan, pijat tradisional Bali, dan tempat wisata di Ubud, Bali," kata Fiza, saat berbagi pengalaman dengan finalis Pemilihan Puteri Indonesia 2011, di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (28/9/2011) lalu.

Rupanya, perempuan muda dari enam negara tersebut terinspirasi dengan cara Fiza. Mereka pun berencana mengundang Indonesia, mengikuti tur wisata budaya serupa di negara asal masing-masing. Lebanon dan Srilanka mengaku tertarik menggelar acara serupa.

Indonesia menjadi pionir, dengan Fiza sebagai aktor di baliknya. Mengangkat citra Indonesia, terutama dengan kekayaan budaya dan pariwisatanya, tentunya menjadi sebuah bentuk kontribusi. Indonesia, perlahan tapi pasti, membekas dan memberi arti di mata dunia. Hal ini merupakan langkah kecil yang dimulai dari kontes kecantikan, yang kerapkali dipandang sebelah mata.

Kontes kecantikan nyatanya melahirkan sosok perempuan muda, yang bukan dilihat hanya dari fisiknya. Kepribadian dan inovasi, juga perlu dimiliki, jika ingin tampil terpandang di mata dunia. Fiza membuktikannya, melalui ajang Puteri Indonesia dan Miss Internasional.

"Ke depan, saya ingin mendirikan klub alumni Miss International, aktif melakukan kegiatan sosial dan berbagai hal kegiatan positif lainnya dengan perempuan dari berbagai negara," tandas Fiza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com