Deodoran Jangan Dipakai Sehabis Mandi

Kompas.com - 07/10/2011, 17:28 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Deodoran umumnya mengandung aluminium atau zirconian. Kedua bahan aktif ini bila terkena air akan menyumbat kelenjar keringat dan mencegah kelenjar-kelenjar tersebut memproduksi keringat. Menurut Dr David Pariser, MD, deodoran paling efektif ketika dioleskan pada kulit yang sangat kering.

"Jika Anda mengoleskannya pada pagi hari sebelum Anda keluar rumah, atau segera setelah Anda mandi, Anda mungkin sudah berkeringat atau ketiak Anda basah. Jika permukaan kulit basah, reaksi kimia yang terbentuk dari aluminium akan terjadi pada permukaan kulit, dan bukan pada pori-porinya, sehingga mencegah kelenjar keringat tersumbat," jelas pendiri dan sekretaris International Hyperhidrosis Society ini.

Pariser menyarankan untuk menggunakan produk antiperspiran ini pada malam hari ketika produksi keringat paling rendah. Bahkan ketika Anda mandi esok paginya, deodoran masih akan efektif karena produk ini tahan hingga beberapa hari. Setelah mandi, jika Anda ingin mendapatkan aromanya, deodoran bisa diaplikasikan lagi sebagai pewangi.

Penelitian Alzheimer's Association and the National Cancer Institute menunjukkan, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa deodoran bisa menyebabkan penyakit alzheimer atau kanker payudara. Diduga, garam aluminium yang terdapat dalam produk deodoran diserap oleh kulit sehingga menghambat pengeluaran toksin di ketiak saat tubuh berkeringat. Toksin yang tidak keluar itulah yang diduga akan menyebabkan kanker. Namun, kandungan kimia yang mungkin diduga bisa menyebabkan kanker itu akan diproses di ginjal untuk dikeluarkan melalui urine.

Baca juga:
Jangan Tutupi Bau Badan dengan Parfum!
Enyahkan Noda di Bagian Ketiak Kemeja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.