Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Balita Sulit Diajari "Toilet Training"?

Kompas.com - 31/10/2011, 10:27 WIB

TANYA:

Dok, anak saya usia 4 tahun tapi sampai saat ini masih suka BAB di celana. Sudah diajari tapi selalu saja terulang. Dulu waktu ia masih usia 3 bulan, ia pernah kesulitan BAB sampai 2 minggu. Oleh bidan disarankan untuk dicolok microlak. Apa karena itu ya dok ada masalah pada saraf anusnya sehingga ia tidak bisa mengontrol dan merasakan mau BAB. 

Yang mengherankan, ia tidak merasa risih atau tidak nyaman meski di celananya ada pup. Mohon masukan dokter untuk solusinya. Saya takut kebiasaan ini terbawa sampai ia besar. Terima kasih.  

Wiwin (30), Tangerang

JAWAB:

Ibu yang baik,

Tampaknya si kecil mengalami masalah dalam buang air besar/kecil (BAB/BAK). Latihan buang air (BAB/BAK) atau toilet training pada si kecil sudah dapat dimulai sejak usia 2-3 tahun. Kemampuan setiap anak biasanya berbeda-beda, ada yang cepat beradaptasi untuk BAB/BAK di toilet, namun ada pula yang lebih lambat beradaptasi.

Jangan khawatir tentang hal tersebut, yang penting adalah tetap terus melakukan upaya tersebut dengan penuh kesabaran, kasih sayang, memberinya kenyamanan dalam proses tersebut, namun tetap dengan kedisiplinan.

Disamping itu pola makan atau komposisi makanan harus mengandung cukup serat, yang berasal dari sayuran, buah dan ia harus mendapat cukup cairan (air putih, susu). Dengan demikian konsistensi tinjanya menjadi lebih lunak dan tidak menyebabkan rasa sakit saat BAB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com