Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecinta Buah dan Sayur Tidak Kebal dari Kenaikan Berat Badan

Kompas.com - 02/01/2012, 16:53 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran sangat penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Tetapi bukan berarti bahwa orang yang hanya makan buah dan sayuran bebas dari ancaman kenaikan berat badan.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa, hanya makan banyak buah dan sayuran saja tidak cukup untuk menjaga berat badan seiring dengan bertambahnya usia seseorang - kecuali untuk orang yang baru saja berhenti merokok.

Para peneliti melibatkan hampir 374.000 orang dewasa di 10 negara Eropa - yang diamati selama 5 tahun - dan menemukan mereka yang makan buah dan sayur-sayuran masih mungkin untuk mengalami kenaikan berat badan.

Meski begitu, peneliti memperingatkan bahwa temuan ini tidak dapat dijadikan alasan untuk seseorang tidak makan buah dan sayur. Riset dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Anne-Claire Vergnaud dari Imperial College London, Inggris, menegaskan bahwa mengonsumsi makanan nabati penuh dengan nutrisi dapat membantu menangkal penyakit kronis seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Untuk penelitian ini, Vergnaud dan rekan mengamati pola diet dan berat badan para peserta yang berusia dewasa antara 25-70 tahun. Setelah diamati selama lima tahun, peserta mengalami penambahan berat badan rata-rata satu pon per tahun.

Pria yang mengonsumsi banyak buah dan sayur cenderung tetap mengalami penambahan berat badan. Akan tetapi perlu dicatat bahwa riset ini tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap penambahan berat badan, seperti asupan kalori harian pria, kebiasaan olahraga dan tingkat pendidikan.

Sementara pada pada perempuan dengan berat badan berlebih, mereka yang mengaku makan banyak sayuran cenderung untuk mendapatkan kenaikan berat badan setelah lima tahun kedepan.

Hasil berbeda justru ditunjukkan pada kelompok peserta yang telah berhenti merokok dan mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Peneliti mencatat, kelompok ini justru cenderung mengalami penurunan berat badan. "Belum jelas alasan untuk ini," kata peneliti.

Tetapi mereka berspekulasi bahwa kebiasaan makan yang sehat dapat mencegah risiko kenaikan berat badan. Untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, peneliti menganjurkan untuk memenuhi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com