Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Memilih Alas Kaki untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 05/01/2012, 20:08 WIB

KOMPAS.com - Ibu hamil kerap mengalami masalah jika memakai alas kaki yang salah. Memakai high heels berisiko bagi ibu hamil yang mulai mengalami pembengkakan pada kaki. Sementara memakai sandal jepit juga tak disarankan.

Menurut survei di Inggris, 7 dari 10 perempuan hamil mengaku mengalami masalah pada kaki, seperti pergelangan kaki bengkak (37 persen), kaki bengkak (45 persen), serta sakit pada tulang kering dan tumit (16 persen) karena mengenakan sepatu datar, sandal jepit, high heels, dan Ugg boots.

Mengenakan high heels akan mengubah postur tubuh Anda, memendekkan otot-otot betis, dan meningkatkan tekanan pada punggung dan lutut. Sementara sandal jepit meningkatkan aktivitas otot-otot pada bagian depan tulang kering karena jari-jari kaki mencoba menjepit sandal supaya sandal tidak lepas.

Agar aman dan nyaman, simak kiat memilih alas kaki yang tepat untuk ibu hamil berikut ini:
* Pilih alas kaki yang tidak membebani kaki kerja dalam menjaga keseimbangan tubuh. Karena itu idealnya tinggi hak untuk alas kaki ibu hamil adalah 1-2 cm. Meski begitu, alas kaki dengan hak setinggi 3 cm masih bisa ditoleransi asalkan bentuknya tidak runcing namun lebar dan tebal sehinga bisa menyangga kaki dengan merata, seperti model wedges. Alas kaki dengan hak 3 cm bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena memindahkan berat badan sedikit ke depan kaki. Ibu hamil juga bisa memilih model alas kaki loafer, sneaker dengan ketinggian haknya yang aman.
* Terbuat dari bahan alami seperti kulit atau kanvas sehingga memungkinkan kaki untuk tetap "bernafas".
* Pilih sandal atau sepatu dengan sol dari karet (agar tidak licin), sehingga mengurangi risiko terpeleset.
* Modelnya sederhana, semisal tidak bertali-tali, karena akan kesulitan mengikatnya.
* Ukurannya tidak terlalu sempit atau terlalu longgar, selain juga memiliki ruang untuk jari-jari kaki agar bisa bergerak leluasa. Hindari alas kaki berpenutup yang ujungnya runcing, karena jari kaki akan tergencet.
* Di akhir kehamilan biasanya telapak dan pergelangan kaki membengkak sehingga ukuran kaki jadi lebih besar 1-2 nomor. Jadi, jangan merasa rugi untuk membeli sepatu dengan ukuran yang baru, cukup 1-2 pasang.

(Tabloid Nakita/Zali, Babycenter, BBC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com