Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaldu Sayur Bikin Daging Lebih Nikmat

Kompas.com - 23/01/2012, 18:56 WIB

KOMPAS.com - Masakan daging sebenarnya paling enak dimasak bersama dengan irisan sayur yang segar. Sayang, cara memasak yang salah sering membuat citarasa daging jadi terasa hambar ketika dicampur dengan sayuran, dan juga terasa lebih kering.

Menurut Wanda Gunawan, Executive Sous Chef InterContinental Jakarta MidPlaza, daging akan kehilangan kenikmatan rasa serta jusnya ketika daging ditumis. Oleh karena itu, urutan penumisan harus diperhatikan ketika mencampur dan memasak daging dengan sayur. Biasanya, ketika menumis daging dan sayuran, Anda akan menumis daging terlebih dahulu, baru kemudian memasukkan sayurannya. Pertimbangannya, daging memiliki tekstur yang lebih keras dibanding dengan sayuran.

"Ketika membuat tumisan daging dan sayur, coba tumis sayur terlebih dahulu," saran Wanda, saat acara "Sunday Brunch" di InterContinental Jakarta Midplaza, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketika ditumis, sayuran juga akan mengeluarkan jusnya sendiri yang gurih dan aromatik. Jus ini akan tertinggal dan menempel dalam wajan sehingga ketika daging ditambahkan ke dalamnya, daging ini akan menyerap sari sayuran yang gurih. Sari sayuran ini akan menguatkan citarasa jus daging, dan membuat citarasa makanan secara keseluruhan menjadi lebih nikmat. "Kuah sayur yang wangi ini akan membuat daging terasa lebih nikmat dan ada aromanya," tukasnya.

Agar sayuran yang dimasak bersama daging ini tidak lodoh, angkat dulu sayuran tersebut setelah ditumis sebentar sampai agak layu, lalu sisihkan. Tetapi, jangan bersihkan penggorengan bekas menumis sayur, karena sari-sarinya yang menempel di wajan tersebut masih bisa digunakan saat menumis daging lagi.

"Namun, proses ini hanya bisa dilakukan untuk masakan yang proses memasaknya tidak terlalu lama, seperti tumisan yang simpel dengan daging yang tipis. Jika ingin memasak daging dengan proses yang lama dan ditambah sayuran, maka daging duluan yang harus dimasak," tambahnya.

Beberapa jenis sayur dan bumbu yang bisa digunakan untuk membuat jus daging terasa lebih nikmat antara lain bawang-bawangan, wortel, seledri, rosemary, daun mint, thyme, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com