Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Bayi Sungsang Dilahirkan Secara Normal?

Kompas.com - 26/01/2012, 14:18 WIB


TANYA:
 
Siang dok, saya sedang hamil 37 minggu. Hasil pemeriksaan USG menunjukkan bayi saya sungsang. Ini adalah kehamilan pertama saya dan sebenarnya saya ingin melahirkan secara normal. Selama ini saya sudah mengikuti senam hamil dengan rajin. Namun posisi bayi tidak berubah. Mungkinkah saya melahirkan normal? Terus terang kami khawatir dengan biaya persalinan caesar karena suami baru saja pindah kerja sehingga belum mendapatkan asuransi kesehatan.
 
Vita Wijaya (25), Jakarta

JAWAB:

Dalam kehamilan, bayi mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan posisinya di dalam rahim. Pada umumnya kepala akan turun pada usia hamil 34-36 minggu karena proses gravitasi. Kalau pada kehamilan 37 minggu masih sungsang, mungkin ada sesuatu yang menghalangi turunnya kepala. Mungkin bayi terlalu besar, terlalu kecil atau ada lilitan tali pusat, dan sebagainya.

Dalam kasus ibu, untuk persalinan normal masih dimungkinkan, tentunya dengan pertolongan yang ahli tetapi upayakan lahirnya di rumah sakit. Untuk permasalahan operasi sesar, ibu harus mengerti betul bahwa operasi sesar adalah jalan terakhir kalau tidak bisa lahir normal. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan pemikiran yang berguna. Amin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com