Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh Diet Bikin Sakit Maag

Kompas.com - 22/02/2012, 08:38 WIB

T:
Saya lagi mulai diet, tidak ngemil dan makan malam juga sudah tidak. Dan saya mengonsumsi teh diet yang melancarkan ke belakang. Apakah itu aman? Sebab maag saya terganggu dan sakit. Kalau tidak makan malam, setelah jam makan siang di kantor saya sama sekali tidak makan sampai pagi, tapi perut saya sangat sakit. Makanan apa yang seharusnya saya konsumsi pada malam hari supaya tidak menjadi lemak? Thanks. (Yessica, 23)

J:
Terima kasih juga Yessica,
Diet yang Yessica jalankan dengan tidak ngemil dan tidak makan malam, tentu saja akan menyebabkan gastritis (sakit maag), apalagi jika disertai dengan konsumsi teh yang melancarkan buang air besar (BAB). Konsumsi teh untuk melancarkan BAB sebaiknya tidak perlu lagi dilakukan. Untuk memperlancar BAB, Yessica dapat menggunakan cara alami tanpa bahan-bahan teh ataupun obat, yaitu dengan banyak mengonsumsi serat alami yang didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan seperti bayam, daun singkong, daun ubi, kangkung, sawi, buah nenas, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.

Selain itu teh juga mengandung kafein, sehingga akan merangsang pengeluaran asam lambung secara berlebihan. Jika disertai dengan ketidakteraturan jadwal makan, semuanya tentu akan memperparah sakit maag Yessica.

Lalu apa yang harus Yessica lakukan agar tetap dapat berdiet tanpa gangguan BAB dan sakit maag? Lakukan diet dengan gizi lengkap seimbang, dengan pola makan sebagai berikut:

Contoh diet 1200 kkal
* Sarapan: roti sandwich (roti tawar 1 lembar + telur rebus 1 butir + sayuran selada 20 gr + tomat 30 gr)
* Snack pagi: buah segar 100 gr
* Makan siang: nasi 100 gr + soto daging 50 gr + perkedel tahu panggang 60 gr
* Snack sore: salad sayur 100 gr
* Makan malam: nasi 50 gr + ikan panggang 50 gr + sup bayam jagung 100 gr
* Snack malam: pudding buah 100 gr

Jika Yessica masih terasa lapar dan ingin ngemil, pilih kudapannya:
* Agar-agar yang dimasak menggunakan pemanis (sweetener).
* Konsumsi sayuran seperti: oyong, jamur kuping segar, ketimun, selada, selada air, dan tomat. Semuanya dapat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com