Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendang Jadi Menu Favorit di Jerman

Kompas.com - 15/03/2012, 01:19 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Rendang terpilih menjadi menu favorit pengunjung resepsi pembukaan "Indonesian Culinary Festival" di Grand Westin Hotel-Berlin, Jerman.

"Tidak salah kalau rendang menjadi ikon kuliner Indonesia. Selain itu, rendang pun terbukti menjadi makanan terlezat di seluruh dunia versi CNN Go 2011," ujar Sekretaris III-Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Berlin, Purno Widodo, kepada Antara London, Rabu (14/3/2012).

Acara resepsi pembukaan Indonesian Culinary Festival dihadiri perwakilan dari berbagai kementerian Jerman, korps diplomatik, media, hotel, biro travel, friends of Indonesia, perwakilan dari Kemparekraf RI, dan peserta dari Institute of Cultural Diplomacy bertemakan "Authentic West Sumatran Culinary Culture".

Selain menu hidangan utama Sumatera Barat, berbagai makanan Nusantara lainnya dari makanan pembuka, salad, sup, hingga makanan penutup, seperti sarikaya, jongkong, dan minuman khas Indonesia juga menggoda lidah para hadirin.

Dikatakannya, dari hidangan utama yang tersedia, seperti cumi bakar, gulai kapau nangka, dan sate padang, yang menjadi menu terfavorit dari tamu undangan adalah rendang. Dalam waktu kurang dari satu jam saja semua rendang yang ada di meja hidangan ludes tak bersisa.

Rasa gurih dari santan yang mengering serta paduan bumbu rempah yang meresap hingga ke serat daging terdalam telah membuat rendang, yang walaupun sekilas tampak seperti gosong, didapatkan melalui antrean panjang oleh para undangan.

"Saya belum pernah merasakan masakan berbahan daging selezat ini seumur hidup saya," ujar Nazrul, seorang diplomat Banglades yang ditugaskan di Jerman.

Acara resepsi tersebut merupakan bagian dari Festival Kuliner Indonesia yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 16 Maret 2012. Selama seminggu penuh Restaurant Relish di Westin Grand Hotel Berlin menyajikan makanan dari Sumatera Barat yang diolah secara khusus oleh Master Chef Indonesia, William Wongso.

Selain menyajikan menu Sumatera Barat di restoran tersebut, diadakan juga Cooking Workshop oleh Master Chef William Wongso yang ternyata sangat diminati oleh pencinta kuliner Indonesia di Jerman.

Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai cita rasa masakan Indonesia ini dikemas dalam berbagai subkegiatan, yaitu penyajian makanan di Restaurant Relish Hotel Westin, workshop memasak, dan resepsi untuk mengawali rangkaian acara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com