Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Saus Makanan Lebih Berempah

Kompas.com - 31/03/2012, 12:18 WIB

KOMPAS.com - Selain makanan yang enak, saus yang enak dan berempah juga menjadi kunci utama penentu lezatnya aneka makanan bersaus seperti steak atau pasta.

Menurut Michael Symon, chef Amerika yang juga host acara Iron Chef America, salah satu hal yang harus diperhatikan ketika membuat saus yang lezat adalah penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak. Usahakan untuk menggunakan berbagai rempah-rempah daun yang segar, seperti peterseli, oregano, daun basil yang masih segar.

Untuk membuat saus lebih sedap, jangan mencincang daun rempah ini terlalu halus karena akan mengurangi kenikmatan dan aromanya. Selain itu, Symon juga menyarankan untuk tidak memotong rempah daun ini dengan pisau. "Robek saja dengan tangan, karena aromanya akan lebih keluar dan lebih kuat," sarannya.

Jika Anda memotong daun rempah menggunakan pisau, pisau akan mendorong minyak herbal dan aroma rempah ini keluar dari daun rempah. Minyak akan menempel pada pisau dan talenan, bukan keluar dan tercampur dalam sausnya.

Di lain pihak, Anda perlu mencermati cara menyimpan daun-daun aromatik seperti daun ketumbar, oregano, atau dill, agar kesegaran dan aromanya tetap terjaga. Caranya, ambil selembar tisu kertas, kemudian basahi tisu dengan air dan peras sampai tetesan airnya menghilang. Lebarkan kertas tisu, dan letakkan rempah daun di atas tisu, kemudian gulung perlahan seluruh permukaannya tertutup. Kemudian, masukkan gulungan tisu berisi rempah daun ke dalam kantung plastik bening dan tutup rapat dan simpan dalam lemari pendingin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com