Kompas.com - 05/04/2012, 22:01 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Perempuan punya banyak kebutuhan perawatan tubuh dan kecantikan yang dapat dipenuhi dari jamu. Presiden Direktur produsen jamu PT Njonja Meneer, Dr Charles Saerang menyebutkan dari 300 produk yang dimilikinya, 60 persennya adalah produk untuk perempuan.

Ia menyebutkan, dari puluhan produk jamu tersebut, empat di antaranya memiliki permintaan tinggi, yakni:

1. Jamu bersalin.

"Permintaan untuk jamu bersalin ini tinggi," kata Charles saat temu media di restoran Sari Kuring, Jakarta, Kamis (5/4/2012). Ia menambahkan tahun ini tercatat 700.000 pengonsumsi jamu bersalin. Dengan catatan, jumlah kelahiran per tahun mencapai  sekitar 3 juta.

Jamu bersalin, selain berfungsi untuk mengatasi berbagai keluhan ibu pascabersalin, juga diminati karena dapat membantu mengembalikan kebugaran serta bentuk tubuh seusai melahirkan.

2. Meremajakan kulit.

Jamu awet ayu tercatat sebagai jamu terfavorit kedua. Fungsi utamanya, memelihara kulit dan tubuh agar tetap awet muda dan membantu meremajakan kulit.

3. Seksual.

Jamu galian rapet juga favorit dan banyak perempuan memenuhi kebutuhan seksualnya dengan mengonsumsi jamu ini. Menurut Charles, permintaan akan jamu ini lebih tinggi di Malaysia. "Banyak perempuan Malaysia yang memesan jamu ini," ungkapnya.

4. Awet muda.

Keinginan untuk memiliki penampilan yang selalu segar dan terlihat muda, juga menjadi kebutuhan utama kaum hawa. Perawatan tubuh dengan jamu tradisional menjadi solusi yang dipilih banyak perempuan memenuhi kebutuhan ini.

"Jamu ini terdiri dari dua, jamu awet muda satu dan dua. Jamu satu diminum pagi hari, jam dua pada malam hari. Fungsinya menjaga stamina agar tetap segar beraktivitas sepanjang hari, dan menjaga stamina pada malam hari untuk menunjang intimasi bersama suami," jelas Charles.

Selain keempat jamu tersebut, perempuan juga memilih ragam produk jamu untuk merawat tubuh. Seperti Buste Cream untuk merawat kekencangan payudara. Dan satu lagi yang menjadi favorit kaum ibu adalah minyak telon Njonja Mener.

"Minyak telon terjual 2-3 juta botol per bulan," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.