Bikin Pesta Ulangtahun Anak Sesuai Budget

Kompas.com - 16/04/2012, 16:45 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Pesta ulangtahun pasti menjadi momen yang sangat dinanti anak-anak. Bagaimana tidak, mereka akan berkumpul bersama teman-teman, banyak hadiah, makanan lezat, serta melakukan berbagai permainan seru. Karena itu, mereka pasti akan kecewa jika pesta penambahan usia mereka ini tak dirayakan bersama teman-temannya karena Anda baru menggunakan uang tabungan untuk memperbaiki rumah, atau membantu perawatan orangtua di rumah sakit.

Jika hal itu yang terjadi, Anda masih bisa kok menyenangkan anak-anak dengan tetap menggelar pesta namun disesuaikan dengan kantong Anda. Ini beberapa idenya:

1. Buat pesta bertema
Untuk mengakali dana yang sedikit, salah satu caranya adalah dengan memberi tema pada pesta si kecil. Pilih tema pesta yang masih berhubungan dengan tema perayaan atau kegiatannya di sekolah. Misalnya, jika pesta ulang tahunnya berlangsung sesudah Paskah, tak ada salahnya untuk membuat tema pesta berupa dunia hewan lucu seperti kelinci. Gunakan kembali berbagai hiasan saat perayaan Paskah agar pesta anak lebih meriah. Gali juga kreativitas Anda untuk menciptakan tema pesta dengan memanfaatkan properti yang sudah ada di rumah atau di kantor. Ajak si kecil membahas tema pesta yang akan digunakannya.

2. Pilih makanan yang sederhana
Jika merencanakan pesta di waktu makan siang, Anda bisa menyiapkan menu yang meliputi menu makanan ringan antara 2-3 jenis, makan siang, makanan penutup, dan minuman. Jika dibeli secara terpisah biasanya harganya akan jauh lebih mahal. Sebaiknya pilih beberapa jenis makanan yang tersedia dalam satu paket, agar harganya lebih murah.

Selain itu pilih menu yang bisa disajikan dalam berbagai kondisi, dan tak harus disajikan dalam keadaan panas. Menyajikan makanan panas atau dingin ini pasti akan membutuhkan biaya tambahan untuk menjaga makanan tetap hangat.

3. Beri pengertian pada anak
Beri pengertian pada anak bahwa Anda tidak bisa memberikan pesta yang terlalu meriah saat ulangtahunnya. Jelaskan juga kepadanya bahwa Anda harus menyimpan sebagian uang pesta ini sebagai biaya simpanan saat ia bersekolah nantinya. Sangat disayangkan jika menghabiskan banyak uang dalam pesta meriah satu hari demi kesenangan, dibandingkan menyimpannya sebagai biaya tambahan sekolahnya di kemudian hari. Ajak juga si kecil untuk tak selalu menginginkan pesta pada ulangtahunnya. Tetapi sesekali tak ada salahnya untuk memberinya kejutan sebuah pesta ulangtahun yang sederhana namun berkesan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X