Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Keluarga Memelihara Tradisi Kue Hari Raya

Kompas.com - 31/05/2012, 15:44 WIB

KOMPAS.com  - Hari Raya menjadi momen istimewa untuk keluarga, terutama dalam mempererat kebersamaan. Salah satu momen kebersamaan yang bisa diciptakan keluarga adalah melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membuat kue Lebaran, termasuk kue-kue kering yang menjadi pilihan favorit menjelang Hari Raya.

Sayangnya, banyak keluarga yang memilih jalan pintas dengan membeli kue kering dari toko, untuk alasan kepraktisan. Kebiasaan membuat kue Lebaran, seperti yang biasa ibu atau nenek lakukan, tak terpelihara. Tradisi membuat kue Lebaran bersama keluarga pun terputus.

Padahal, banyak manfaat yang bisa dirasakan keluarga saat bersama-sama menyiapkan kue, termasuk membuat kue kering yang khas menggunakan resep warisan keluarga. Utamanya, menumbuhkan bonding, dan melestarikan resep warisan keluarga kepada generasi berikutnya.

Devy Yheanne, Head of Corporate Affairs PT Krafts Foods Indonesia mengatakan, berlandaskan realitas inilah Kraft Foods melalui merek Keju Kraft menggelar kegiatan menjelang Idul Fitri 1433 pada 2012 ini dengan rangkaian kegiatan roadshow maupun melalui digital.

Menciptakan sesuatu yang berbeda dan istimewa bersama keluarga menjadi misi utamanya. Bentuknya, Keju Kraft mengajak keluarga Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan Keju Kraft "Sajikan Kejutan Spesial Ibu di Hari Raya".

Kegiatan ini melibatkan praktisi dan pengajar di komunitas kuliner Natural Cooking Club, Peni Respati, yang berbagi pengalaman dan keahlian membuat kue kering untuk merayakan Lebaran.

"Kue kering seperti nastar, kastengels, dan sagu keju, paling digemari saat Lebaran. Satu keluarga bisa memesan lebih dari empat toples, dan terbagi-bagi, baik untuk kue di meja tamu atau kue untuk anak-anak, atau yang dimakan bersama keluarga," tutur Peni kepada Kompas Female, seusai bincang-bincang media bersama Krafts Foods di restoran Kembang Goela, Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Alih-alih membeli kue kering, yang akan menguras biaya lebih tinggi, Krafts Foods mengajak keluarga untuk membuat sendiri kue kering Lebaran, dengan variasi atau kreativitas masing-masing untuk mempertahan sekaligus mengembangkan resep peninggalan keluarga dengan kreasi baru. Untuk memberikan inspirasinya, produsen keju ini menghadirkan beberapa pilihan aktivitas untuk keluarga, terutama menyasar ibu muda.

Prita Utami, Senior Brand Manager Cheese, PT Kraft Foods Indonesia, menjelaskan nantinya akan ada Baking Class Roadshow di lima kota, selain kegiatan konsultasi memasak kue di 13 gerai yang disebut Toko Kuejumoo, untuk mengajak keluarga membuat sendiri kue kering Lebaran.

Praktisi kuliner Peni Respati akan terlibat penuh dalam kegiatan ini untuk membantu ibu dan keluarga mencari inspirasi memasak kue. Termasuk dalam berkreasi dengan keju dalam pembuatan kue.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com