Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2012, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Perempuan, meski punya kesempatan yang sama untuk bekerja, dan berkontribusi secara finansial terhadap keluarga, tetap saja dihadapkan pada pilihan terkait peran gandanya. Perempuan bekerja tetap dihadapkan pada tantangan besar yakni membagi waktu dan perhatian antara pekerjaan dan keluarga.

Selain itu, di dalam lingkungan bekerja,  kesetaraan dan keadilan gender belum sepenuhnya terlaksana. Kesetaraan dan keadilan gender bukan semata memberikan kesempatan pada perempuan untuk berkiprah di ranah publik, atau mendapatkan kesempatan seperti pembinaan atau pemberdayaan. Dalam konteks perempuan bekerja, kesetaraan dan keadilan gender juga bermakna terciptanya suasana kerja dinamis dan kompetitif bagi perempuan bekerja. Dengan tetap menawarkan kemudahan pada perempuan bekerja agar mereka mampu mengaktualisasikan diri dan mencapai tujuan profesionalnya.

Untuk mendukung perempuan bekerja mencapai prestasi profesional, dan menjalankan perannya dalam keluarga, Citibank Indonesia mendirikan organisasi perempuan, Citi Indonesia Women Council (IWC).

“Peran perempuan Indonesia terus berkembang dan sudah lama telah menjadi bagian penting dari pertumbuhan negeri. Perempuan saat ini tidak hanya mendukung suami dan membesarkan buah hati namun juga menjadi tonggak penting dalam keberhasilan suatu usaha, organisasi, masyarakat dan Negara,” ungkap Novita Djani, Ketua Citi IWC, dalam siaran pers.

Ia melanjutkan, “Walaupun saat ini kesempatan perempuan sangat besar dalam beraktualisasi diri, kenyataannya masih terdapat banyak tantangan bagi perempuan dalam menjalani peran-peran penting baik di dalam keluarga maupun dunia kerja,”

Organisasi ini berupaya menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk perempuan, sehingga perempuan bekerja mampu memaksimalkan dirinya dengan nyaman karena ia tetap bisa berperan dalam keluarga.

Perempuan karyawan Citi Indonesia yang bergabung di organisasi ini punya kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri dengan memacu kreativitas dan inovasi serta membangun tim kerja lebih solid melalui sejumlah program. Selain juga mendapatkan sarana pengembangan kemampuan profesionalitas yang dapat meningkatkan kinerja dan menambah ilmu pengetahuan. Tak hanya itu, perempuan juga mendapatkan kesempatan untuk merasakan suasana kerja yang dinamis dan kondusif.

Prinsipnya, pencapaian kerja memang penting, namun kebutuhan perempuan bekerja juga perlu diakomodasi terutama menyangkut kondisi bekerja yang nyaman untuk perempuan.

Sebagai bukti nyatanya, IWC mengadakan Program Mentoring yang menjadi wadah bagi seluruh karyawan perempuan untuk mendapatkan bimbingan kerja langsung baik dari mentor-mentor berkualitas di kalangan Citi Indonesia, Asia Pasifik maupun Global. Forum ini juga membuka kesempatan bagi perempuan untuk berkontribusi memberikan inovasi dan solusi.

IWC juga memastikan perempuan bekerja terpenuhi kebutuhannya terkait perannya sebagai ibu. Fasilitas di tempat bekerja yang dibutuhkan perempuan, seperti ruang menyusui, fasilitas ibadah juga disediakan. Sebagai bukti komitmen IWC terhadap pemenuhan kebutuhan perempuan yang dinilai mampu mendukungnya dalam berprestasi, IWC meresmikan dua ruang menyusui di Citibank Tower Plaza Bapindo dan Citibank Gedung Jamsostek.

Merespons langkah awal IWC dalam menunjang perempuan bekerja, Deputi Pengarus-utamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Niken Kiswandari, MSi mengungkapkan, “Peran perempuan dalam memajukan generasi bangsa sangatlah strategis. Upaya untuk mengadvokasi dan memfasilitasi perempuan sebagaimana yang dilakukan oleh Citi IWC perlu digalakkan.”

Bagaimana dengan perusahaan Anda? Hal apa yang sudah dilakukan untuk mendukung perempuan bekerja dalam mencapai prestasi di dunia kerja, yang juga dipengaruhi oleh dukungan perusahaan terhadap perannya sebagai ibu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com