Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2012, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Ternyata makan siang bersama mantan bisa memicu kecemburuan pasangan Anda ketimbang Anda melakukan aktivitas lain seperti minum kopi. Zaman sekarang sangat mungkin bila suatu saat kita bertemu dengan mantan pacar atau lawan jenis lainnya yang kebetulan memang mengusik sisi insecure pasangan Anda. Padahal sama sekali tak ada niat bergenit-genit ria atau mengungkit kisah lama. Semua itu murni hanya demi menjaga hubungan baik. Tapi hati-hati dengan pilihan Anda dalam bersosialisasi dengan mereka. Sebab penelitian terbaru seperti yang dilansir oleh ScienceDaily mengungkap: janji makan siang bisa bikin hubungan Anda dan si dia jadi runyam.

Kevin M. Kniffin, seorang peneliti postdoctoral di  Cornell University, Jurusan Charles H. Dyson School of Applied Economics dan Brian Wansink, Director  dari Cornell's Food and Brand Lab menyimpulkan dalam penelitian baru mereka, "Sekadar makan siang dapat memicu kecemburuan pasangan." Penelitian ini terangkum dalam tulisan "It's Not Just Lunch: Extra-Pair Commensality Can Trigger Sexual Jealousy," yang dipublikasikan pada jurnal PLoS ONE.

Penelitian oleh Kniffin dan Wansink mengukur jumlah kecemburuan dilaporkan oleh pasangan kekasih saat ini, jika salah satu dari mereka dihubungi oleh mantan kekasih dan kemudian berlanjut janji temu. Dalam penelitian tingkat kecemburuan akan meninggi jika ada aktivitas makan bersama."Kami secara konsisten menemukan bahwa makan menimbulkan kecemburuan lebih dari tatap muka serta bentuk interaksi lainnya yang tidak melibatkan makan - seperti minum kopi," kata Kniffin. "Hasilnya sama saja antara pria dan perempuan."

"Perlu diingat bahwa ini berdasarkan dari susdut pandang pasangan Anda. Bahwa tak ada istilah hanya makan siang,"kata Wansink. Meski sejak dahulu diketahui bahwa aktivitas makan bersama bisa mempererat hubungan sosial ternyata juga dapat menghancurkan sebuah hubungan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com