Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2012, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Persepsi yang sudah ditanamkan sejak kecil adalah perempuan harus lembut, sensitif, jago masak, dan sebagainya. Sedangkan pria lebih bebas, 'berantakan', dan tegar. Perempuan identik dengan pink, pria dengan biru. Tetapi pada kenyataannya tidak selamanya seperti itu.

Seperti yang diungkapkan oleh Allan dan Barbara Pease dalam bukunya Sillyman from Mars, Pittywoman from Venus, bahwa semua terbentuk karena kondisi sosial. Kita ini siapa karena sikap orang tua dan orang di sekeliling kita yang secara turun temurun merefleksikan nilai tertentu.

Padahal, hormon dan kabel-otak kita ikut menentukan dan bertanggung jawab atas sikap, pilihan, dan perilaku kita. Jadi, tak usah heran kalau si dia juga bisa mempunyai sifat seperti berikut ini:

1.Sangat terorganisir. Ketika kencan, si dia biasanya sudah merencanakan tujuan dan acara terlebih dahulu. Jarang sekali ia bilang “Lihat nanti aja ya enaknya nonton apa”, karena dia selalu memperhitungkan dan mengorganisir segala sesuatunya dengan baik. Jangan kaget ketika melihat isi lemarinya lebih teratur dari pada isi lemari Anda. Biasanya pria dengan tipe ini kurang begitu suka dengan sesuatu yang mendadak, termasuk jika Anda mau mengajak atau membatalkan kencan.

2.Sangat bersih. Jangan terkejut bila si dia sering protes ketika Anda makan di dalam mobilnya. Bukan karena dia enggak sayang, tapi memang si dia sangat menjaga kebersihan. Dia juga rela menenteng bungkus snack sampai dia menemukan tempat sampah terdekat. Jadi, kalau enggak mau bikin dia ilfil, Anda pun harus menjaga kebersihan seperti yang ia lakukan. Selain tambah sehat, si dia juga akan lebih menghargai Anda.

3.Memperhatikan penampilan.  Masih berhubungan dengan kebersihan, pria tipe ini tidak suka tampil berantakan. Dia tidak pernah meninggalkan ritual malamnya yaitu mengosok gigi, membersihkan muka, dan mungkin mengoleskan krim malam sebelum tidur. Penampilan sangat penting buatnya. Dan dia juga akan sangat menghargai Anda bisa Anda juga berlaku yang sama. Asiknya, punya pacar dengan tipe seperti ini akan selalu terlihat rapi, segar, dan wangi.

4.Suka masak. “Ini kamu semua yang masak? Enak banget!” Anda lah yang akan mengatakan hal ini kepada si dia, dan terkaget-kaget karena si dia yang membuat semua masakan. Maklum, di saat Anda mungkin hanya bisa memasak air atau mi instan, dia sebagai pria malah jago masak. Senangnya punya pacar yang bisa masak adalah ketika mati gaya memilih tempat untuk kencan, ajak saja si dia ke dapur, dan dia akan senang hati membuatkan masakan untuk Anda. Anda juga bisa menawarkan diri untuk membantunya menyiapkan bahan atau garnish. Sambil belajar masak, kencan juga akan sangat menyenangkan.

5.Sensitif. “Aku enggak apa-apa kok” di saat kebanyakan pria merasa cukup ketika mendengar perkataan Anda ini, si dia enggak akan puas dengan jawaban seperti ini. Jika ada yang tidak beres, dia akan cepat menyadarinya. Pria sensitif merupakan pribadi yang penuh perhatian dan menyenangkan karena dia sangat mengerti keadaan Anda. Tapi hati-hati karena mungkin si dia gampang tersinggung dan cenderung posesif. Jadi, sebaiknya lebih berhati-hati saat bicara dengannya.

6.Doyan belanja. Di saat kebanyakan pria mungkin bete ketika diminta untuk menemani berburu diskonan di midnight sale, si dia malah bersemangat. Dia juga tak ragu untuk membantu menengok, toko mana yang menawarkan diskon paling besar. Jangankan ke mal, diajak ke flea market pun dia happy. Bahkan, dia juga aktif memilihkan barang yang cocok untuk kita. Sayangnya, karena sama-sama doyan belanja,bisa-bisa pengeluaran jadi tidak terkendali. Harus saling pintar mengerem hasrat belanja jika punya pasangan seperti ini.

7.Doyan hang out dan ngobrol. Bukan maksudnya doyan berbisik-bisik dan ngomongin si karyawan baru lho. Tapi si dia suka untuk berkumpul di kafe bersama teman-temannya. Mungkin ada beberapa tipe pria yang anti diajak ke mal atau tempat ramai karena tidak merasa terlalu nyaman. Sebaliknya, tipe pria ini tidak ada masalah selama ada teman ngobrol. Senangnya, tipe pria seperti ini sangat menyenangkan karena seperti tidak kehabisan bahan cerita dan easy going.

(Majalah Chic/Precilia Meirisa)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com