Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Praktis untuk Sahur

Kompas.com - 06/08/2012, 22:21 WIB

Oleh NYONYA RUMAH

KOMPAS.com - Hidangan untuk sahur sebaiknya sudah disiapkan sebelumnya supaya tidak merepotkan. Tinggal menghangatkan dan siap saji. Sebagai penyegar bisa dihidangkan buah segar potongan pepaya yang dikucuri air jeruk nipis dan dibubuhi gula pasir. Nasi bakmoy juga cocok untuk sahur, mudah dibuat dan cukup enak.

Bakmoy

Bahan:

1 ekor ayam yang sedang besarnya, 3 ons udang, 3 tahu putih, bawang putih, bawang goreng, seledri, daun bawang, kecap asin, kecap manis, merica, garam, minyak goreng, dan penyedap.

Cara Membuat:

Ayam dipotong-potong, lalu rebus dengan dibubuhi sedikit garam sampai matang. Ambil dagingnya, potong persegi kecil. Udang dikupas, garami, lalu goreng sampai matang, potong-potong. Tahu dipotong persegi kecil, goreng ½ matang.

Tumis 4 siung bawang putih yang sudah dimemarkan sampai harum, tuangi kira-kira ½ gelas kaldu ayam, bubuhi bumbu-bumbu, masukkan sekalian bahan-bahan yang sudah dipersiapkan dan seledri serta daun bawang yang sudah diiris halus. Didihkan beberapa saat, bubuhi merica dan penyedap, rasakan lalu angkat.

Kuah: Tumis 4 siung bawang putih yang sudah dimemarkan sampai wangi, tuangi kaldu ayam kira-kira 3 gelas, tambahkan garam, merica dan penyedap. Didihkan, bubuhi irisan daun bawang, lalu angkat.

Sambal Kecap: 10 cabai rawit, iris halus, bubuhi kecap manis, perasi sedikit air jeruk limau, ratakan.

Bahan: 8 butir telur ayam, kulit bawang merah agak banyak, 1 iris lengkuas memarkan, 3 lembar daun salam, 1 sdm garam, air secukupnya.

Telur Pindang

Cara Membuat:

Letakkan telur dan bahan-bahan untuk bumbu dipanci, bubuhi air sampai telur terendam, masak sampai air mendidih, kecilkan api, masak lagi kira-kira ¼ jam. Angkat telur, lalu pukul-pukul sampai retak-retak, jerangkan lagi, masak lagi dengan api kecil kira-kira ½ jam lagi, matikan api. Telur didiamkan dalam air perebus, keesokan hari bisa dikupas.

Menghidangkan Nasi Bakmoy

Taruh nasi panas di mangkok atau piring, taruh sedikit bakmoy dan ½ telur pindang siram dengan kuah yang panas, taburi bawang goreng, beri 1-2 sdt sambal kecap dan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Buah pepaya dipotong-potong, kucuri air jeruk nipis dan taburkan gula pasir secukupnya, aduk-aduk. Taruh di lemari es atau ditaburi es serut jika ingin dingin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com