Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2012, 20:07 WIB

KOMPAS.com - Indonesia dikenal memiliki jenis makanan yang beragam, mulai dari pedas, berempah, hingga legit. Jika citarasa pedas dan berempah masih bisa ditemui di berbagai belahan dunia lainnya, seperti di Malaysia atau Singapura, citarasa manis dan legit yang paling nikmat adalah di Indonesia. Arie Parikesit, pengamat kuliner Indonesia, mengungkapkan bahwa rahasia rasa legit masakan Indonesia terletak pada penggunaan kecap manisnya.

"Indonesia boleh berbangga hati karena, hanya Indonesia yang memiliki kecap manis. Sedangkan negara lain, hanya mengenal kecap asin saja," jelas Arie dalam workshop "Rayakan Kemeriahan Idul Adha dengan Hidangan Kambing Bango Nusantara" di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta, Rabu (26/9/2012) lalu. Beberapa jenis masakan seperti semur, tongseng, sate, krengsengan, dan lain-lain, menggunakan kecap manis sebagai tambahan penyedap masakannya.

Selain sebagai campuran bahan masakan, kecap manis juga sering digunakan masyarakat di seluruh Indonesia sebagai teman makan. Misalnya sebagai campuran untuk nasi panas, teman makan kerupuk, ataupun diolah sebagai sambal kecap. Bisa dikatakan bahwa sampai saat ini kecap manis sudah menjadi bagian integral dari bangsa Indonesia.

Rasa kecap manis yang legit ini dihasilkan dari perpaduan kedelai hitam dengan gula merah yang menghasilkan perpaduan yang kental dan legit. Kecap juga mengandung beberapa bumbu tambahan agar rasanya gurih untuk menyeimbangkan rasa manisnya. Hal inilah yang membuat kecap manis memiliki rasa manis yang legit dengan sedikit rasa gurih.

"Sehingga di dalam makanan baik dimasak atau sebagai teman makan, kecap manis ini berfungsi sebagai 'pembulat' rasa di lidah yang melengkapi semua citarasa makanan," jelasnya.

Ditambahkan Arie, kenikmatan kecap manis khas Indonesia kini tak hanya beredar di Indonesia, tapi sudah mulai merambah keluar negeri. "Bahkan celebrity chef di Australia juga sudah menggunakan kecap manis Indonesia di restoran China miliknya," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com