Kiat Meminta Saran Karier pada Senior

Kompas.com - 17/10/2012, 10:36 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Pengembangan diri tentu sangat diperlukan untuk membantu mendongkrak karier Anda. Saran-saran dari rekan kerja yang lebih senior dan dianggap sukses tentu bisa membantu menavigasi dan menjadi batu loncatan karier Anda. Sayangnya, tidak semudah itu mendapatkan saran atau informasi yang diinginkan dari rekan kerja. Entah dia enggan berbagi ilmu, atau memang kurang dapat menguraikan maksudnya. Untuk "mencuri" kiat suksesnya, coba terapkan beberapa hal berikut.

1. Berikan beberapa konteks singkat
Meminta nasihat pada rekan atau sahabat yang dianggap lebih sukses memang bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda. Namun, jangan harap jika tip ini bisa "ditelan mentah-mentah". Sedikit kalimat pancingan akan membantu untuk untuk mengorek informasi darinya. Arahkan konteks kalimat ke materi yang ingin Anda ketahui lebih dalam. Misalnya, "Wah, penjualan divisi A lagi menurun, lho. Strategi mereka kurang pas, kayaknya ya." Dengan pancingan seperti ini, diharapkan rekan senior ini mau berbagi mengenai strategi yang mungkin akan dijalankannya. Namun tak perlu basa-basi terlalu lama dan panjang, karena belum tentu isi pembicaraan ini sesuai keinginan Anda.

2. Ajukan pertanyaan spesifik

Ketika meminta saran mengenai karier, hindari terlalu banyak berteka-teki dan mengajukan pertanyaan yang umum. Misalnya, "Beri nasihat dong untuk pekerjaanku", atau "Apa yang harus saya lakukan?", dan lain-lain.

Dibanding mempertanyakan hal ini, sebaiknya arahkan pertanyaan dengan lebih spesifik, seperti "Bagaimana cara untuk mengatasi kemunduran kerja saya?" atau 'Untuk promosi jabatan ini apa yang bisa membuat saya jadi lebih terlihat mampu?". Pertanyaan-pertanyaan yang spesifik dan khusus sesuai situasi yang sedang Anda alami, akan membuat Anda mendapatkan jawaban dan bimbingan yang Anda butuhkan.

3. Ingat, hanya minta saran
Yang Anda minta dari teman hanyalah sebuah saran untuk kemajuan karier. Anda meminta bantuannya karena ia dianggap bisa memberikan pendapat mengenai cara menangani situasi tertentu. Namun jangan berharap dia bisa memberitahu cara melakukan pekerjaan Anda, dan memberitahu setiap langkah yang harus diambil untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda justru akan terlihat tidak kompeten di sini.

4. Tunjukkan penghargaan Anda

Jika meminta saran pada seorang teman, maka Anda wajib mengucapkan terima kasih padanya. Selain itu, jika sarannya berhasil dengan baik, sebaiknya Anda memberikan update tentang perkembangan pekerjaan Anda. Katakan pula bagaimana saran-sarannya sangat berguna dan membantu pekerjaan Anda.

Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas saran dan waktunya. Selain itu, ini juga menunjukkan kesopanan Anda sehingga jika sewaktu-waktu Anda butuh sarannya, tangannya akan selalu terbuka untuk Anda. Lagipula, Anda pasti tak ingin dicap sebagai orang yang tak tahu berterima kasih kan?



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X