5 Ciri Perempuan Bermental Elang

Kompas.com - 24/10/2012, 09:20 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Perempuan sebenarnya memiliki banyak potensi dan kekuatan untuk bisa mencapai kesuksesan. Syarat utama untuk mencapai kesuksesan adalah punya mental sukses yang kuat. Hanya saja, masih banyak perempuan yang memiliki mental seperti kura-kura saat berkarier, sehingga menjadi faktor penghambat kesuksesannya.

"Untuk mencapai kesuksesan, Anda harus punya mental seperti elang," tegas Eileen Rachman, Direktur Experd Consulting, dalam seminar "Women's Leadership Network" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Eileen, seorang yang lambat, pasrah, tidak punya motivasi untuk maju dan berjuang mencapai kesuksesan, diumpamakan memiliki mental kura-kura sama seperti yang ditunjukkan binatang kura-kura. Sedangkan seorang yang "berbakat" sukses akan memiliki sifat gesit, cerdas, dan sigap, sama seperti perilaku elang di alam bebas.

Lantas seperti apa ciri perempuan yang bermental elang?

1. Tidak mudah ikut-ikutan
Mudah ikut arus situasi pekerjaan merupakan salah satu karakter perempuan pekerja. Misalnya, ketika diminta untuk mengajukan saran atau ide, biasanya perempuan bermental kura-kura akan lebih banyak diam dan berharap rekan kerja yang akan melakukannya.

"Seorang perempuan yang bermental elang akan stand out from the crowd. Ia tidak akan mengikuti orang lain dan tidak bertindak sama dengan perempuan kebanyakan," jelasnya.

2. Berpandangan luas
Seorang perempuan yang hebat memiliki pandangan yang luas serta komperenhensif terhadap tren, situasi, pola, dan budaya yang ada di sekitarnya. Hal ini diperlukan untuk membantu memahami kondisi yang terjadi, serta mengambil keputusan yang tepat dalam pekerjaan.

3. Sigap
Untuk bisa sukses dalam pekerjaan, perempuan harus pandai melihat kesempatan, sigap, dan responsif dalam menghadapi setiap situasi yang mungkin terjadi. Selain itu orang yang bermental elang akan selalu mawas diri dalam setiap perbuatannya.

4. Selalu punya hal baru
Salah satu sikap elang yang patut dicontoh adalah mereka tidak pernah memakan bangkai. Di dalam karier, perempuan sukses tidak akan pernah mengambil "barang" milik orang lain, namun selalu mencari sebuah ide baru yang lebih baik, segar, dan belum terpikirkan orang lain.

5. Tidak sombong
Dalam rangka mencapai kesuksesannya, perempuan sukses sangat rendah hati. Seorang perempuan hebat tidak sering muncul menyombongkan diri serta membanggakan keberhasilannya. Namun, sekali muncul maka ia punya tujuan yang jelas dan langkah-langkah yang terencana untuk mencapai tujuan itu.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X