Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2012, 10:27 WIB

TANYA:
 
Ass, dok saya ingin menanyakan tentang anak saya sekarang berumur 3 tahun 4 bln. Sejak bayi sampai sekarang ia jarang saya ajak keluar karena kalau keluar rumah yang berjarak sekitar 200 meter saja ia sering sakit-sakitan. Yang ingin saya tanyakan, apakah penyakit radang pada anak bisa sembuh? Apa yang menyebabkan anak saya gampang sakit? Terima kasih.
 
Puput (26), Sidoarjo

JAWAB :

Sayang sekali Ibu tidak menjelaskan lebih detil mengenai apa yang disebutkan sebagai sakit-sakitan. Seorang anak sehat bila sering bermain di kumpulan orang banyak juga akan menerima risiko menderita sakit lebih besar karena kerumunan orang banyak tersebut bisa saja beberapa diantaranya sedang sakit atau sebagai penular kuman kepada si kecil.

Beberapa hal yang mempengaruhi daya tahan tubuh anak adalah faktor gizi yang baik, imunisasi yang lengkap, higiene dan sanitasi lingkungan, pola hidup yang bersih dan sehat. Bila semua terpenuhi kemungkinan besar si kecil akan kecil kemungkinan menderita sakit. Bila yang Ibu maksud adalah radang tenggorokan, biasanya akan sembuh dalam waktu yang tidak lama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com