Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri yang Berpindah-pindah, Mungkinkah Psikosomatis?

Kompas.com - 07/12/2012, 08:45 WIB

TANYA : 

Dok , sudah 2 tahun saya merasa nyeri di bagian dada . Tetapi dua tahun yang lalu, sakitnya tidak sesering seperti sekarang . Saya sudah melakukan USG (ulrasonografi) mammae karena dikhawatirkan saya terkena tumor. Saya cerita ke tante bahwa dada saya sering merasa nyeri yang suka berpindah pindah dan saya juga baru menyadari ternyata akhir akhir ini juga saya merasakan nyeri di bagian leher dan kepala yang sering berpindah pindah . Kadang saya suka menangis tidak jelas sebabnya apa , suka marah marah , sering berimanjinasi yang tinggi . Tante saya mengatakan kemungkinan saya mengalami psikosomatis . Yang mau saya tanyakan, apakah dari gejala gejala yang saya alami itu benar saya mengalami psikosomatis ? Mohon pencerahannya.. 

(Vivi, 19, Tangerang) 

JAWAB :

Vivi yang baik,
 
Nyeri yang berpindah memang salah satu khas dari keluhan psikosomatik. Belakangan, pasien psikosomatik memang semakin muda usianya. Kendala kehidupan dan beban berat di awal-awal masa kehidupan manusia jaman sekarang membuatnya rentan mengalami kecemasan di usia yang relatif masih muda. Anak-anak remaja sekarang juga banyak yang mengalami keluhan psikosomatik. 

Gejala psikosomatik juga sering dibarengi dengan gejala psikologis emosional seperti kecemasan, rasa depresi dan takut yang tidak jelas penyebabnya. Untuk memastikan diagnosis ada baiknya berkunjung ke psikiater dengan membawa semua hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan. Kalau anda tinggal di Tangerang tentunya bisa berkunjung ke Klinik Psikosomatik RS OMNI di Alam Sutera. 

Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com