Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2012, 17:14 WIB

KOMPAS.com - Cemburu, marah, sakit hati adalah tantangan dalam sebuah hubungan. Berikut enam kunci agar hubungan berjalan lancar dan menyenangkan.

1. Sugesti positif.

Sugesti diri bahwa pasangan merupakan yang terbaik. Yakinkan pernikahan adalah hal yang luar biasa. Sugesti positif akan mendorong Anda untuk selalu mempertahankan hubungan. Pasangan pun akan merasa dicintai dan berusaha menjaga komitmen dan tidak mengecewakan Anda.

2. Memelihara kegiatan rutin.

Pastikan Anda dan pasangan memiliki kegiatan rutin bersama. Sebab kegiatan rutin ini yang akan selalu teringat ketika "tidak dilakukan". Pasangan maupun Anda akan merasa ada yang hilang dan kemudian akan mencarinya. Misalnya ciuman dan pelukan hangat setiap kali bertemu, perayaan ulang tahun yang sederhana tapi penuh makna, dan sebagainya.

3. Berikan kejutan.

Tidak hanya memelihara kegiatan rutin, tapi kejutan akan memberikan warna dalam sebuah hubungan. Jadi lebih bergairah dan terhindar dari kejenuhan. Lakukan sesuatu di luar kebiasaan. Misalnya, membelikan barang kesukaannya, kirim SMS mesra, dan lainnya.

4. Kenali hot buttons.

Hot buttons adalah hal yang jika dikatakan, akan menyinggung pasangan, bahkan bisa menyakitkan. Oleh karena itu, kenali dan komunikasikan. Sebab setiap orang memiliki hot buttons yang berbeda. Anda harus menghormati hot buttons jangan sampai "keceplosan" karena akan berpotensi memicu konflik lebih dalam.

5. Tetap mencintai saat marah.

Mencoba memisahkan antara pribadi pasangan dengan sikap yang membuat Anda marah. Artinya kritik yang membangun memang diperlukan, namun tidak menyebabkan Anda membenci pasangan atau pun sebaliknya. Ingat pasangan Anda bukanlah orang yang sempurna, begitu pun halnya Anda.

6. Mengevaluasi hubungan secara berkala.
Dalam mengevaluasi hubungan, Anda dan pasangan bisa menyuarakan ide-ide atau keinginan masing-masing di mana tujuannya adalah menciptakan hubungan yang harmonis dan bahagia. Bisa dilakukan secara berkala, di saat momen spesial seperti akhir tahun atau perayaan hari jadi.

(Majalah Chic)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com