Kompas.com - 12/12/2012, 17:38 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Jika semalaman Anda clubbing dan minum banyak alkohol, Anda pasti bangun tidur dalam kondisi hangover: kepala terasa berat, mual, dan badan lemas. Saat itu, Anda pasti ingin mencari sesuatu yang bisa menenangkan kepala, perut, dan tubuh Anda. Tetapi, hindari kopi dan junk food untuk menyembuhkan hangover, karena hasilnya bisa dipastikan lebih parah.

Makanan olahan dan kafein bukan merupakan kombinasi yang baik untuk tubuh yang sedang terkena imbas dari alkohol, demikian menurut Lisa Guy, ahli nutrisi dan naturopati. "Anda perlu menghindari makanan takeaway yang berminyak, dan pilih makanan yang kaya vitamin. Makanan inilah yang terbukti membantu mendetoksifikasi liver dan membersihkan racun-racun seperti alkohol dari dalam tubuh," paparnya.

Kafein, yang terkandung dalam alkohol maupun kopi, dikenal sebagai bahan diuretik. Minuman seperti kopi, soft drink, dan energy drink yang mengandung kafein dalam kadar tinggi bisa meningkatkan dehidrasi, tambah Guy. Dengan demikian, kopi menyebabkan Anda banyak buang air kecil dan akibatnya Anda malah kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi tersebut.

Untuk memulihkan diri, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi minuman elektrolit dengan kadar gula yang rendah seperti susu cokelat hangat, sereal, atau yogurt. Bila memungkinkan, minumlah 200 ml susu sebelum Anda tidur, supaya tidur Anda lebih nyenyak dan mengurangi hangover esok harinya.

Sebagai makanan pertama yang dikonsumsi saat bangun tidur, Guy menyarankan Anda untuk mengonsumsi telur yang mengandung antioksidan yang tinggi. Telur juga mengandung cysteine, senyawa kimia yang melawan racun yang diproduksi tubuh setelah minum alkohol dalam jumlah banyak. Telur bisa disajikan dengan cara direbus atau orak-arik.

Pilihan lainnya adalah bubur oat, muesli (sejenis serealia), roti gandum (mengandung vitamin B yang punya daya detoksifikasi, bisa ditambahkan dengan tuna atau keju), atau kacang panggang. Coba juga beberapa buah dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti tomat, selada, bayam, jeruk, melon, alpukat, atau pisang. Jahe umumnya juga menghilangkan mual, bisa Anda tambahkan dalam teh atau jus sayuran Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.