Kompas.com - 28/12/2012, 14:35 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Momen liburan tak perlu Anda lewatkan karena si kecil masih bayi. Anda tetap bisa melakukan perjalanan jika si kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI) mulai usia enam bulan.

Jika Anda lebih nyaman bepergian menggunakan moda transportasi kereta api, Dian Prima & Yudith Mangiri dalam bukunya MPASI Traveling Cihuy! punya kiat jitu untuk Anda.

Perjalanan kereta api rata-rata memakan waktu 4-20 jam. Anda perlu mengatur waktu perjalanan dan menyiapkan bekal sesuai kebutuhan, tidak berlebihan juga kekurangan. Sebaiknya Anda pilih waktu keberangkatan di malam hari, dengan pertimbangan sudah lewat dari jam makan si kecil. Beberapa jenis makanan yang bisa dibawa di kereta api di antaranya:

* Roti tawar gandum/roti tawar biasa, potong kecil dan simpan di wadah kokoh tertutup rapat.
* Pisang dan avokad dalam keadaan utuh.
* Instant oatmeal dibungkus per porsi.
* Keju parut, sebaiknya bungkus per porsi.
* Lauk: gravy, fillet ikan yang ditim atau digoreng, orak-arik telur, abon.
* Susu
* Termos air panas untuk menyeduh oatmeal. Jika suka tambahkan keju parut dan ikan/ayam cincang matang.
* Bubur tepung beras dan nasi.

Simpan semua makanan ini dalam ziplac food grade. Pilih juga termos yang bisa digunakan sebagai mangkuk makan anak.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X