Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2013, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Apakah menemukan pasangan menjadi salah satu resolusi tahun baru Anda? Christina Steinorth, MA, MFT, psikoterapis dan penulis buku Cue Cards for Life: Thoughtful Tips for Better Relationships, memberikan delapan kiat bagi para lajang untuk mulai melangkah mewujudkan resolusi tahun baru dalam menemukan pasangan.

1. Siap mental.

Apakah secara emosional Anda siap jatuh cinta? Jika Anda masih belum bisa membebaskan diri dari kenangan kelam hubungan yang gagal sebelumnya, Anda punya dua pilihan. Menerima dan melepaskannya, atau cari penyelesaian terbaik yang bisa membantu Anda menghilangkan perasaan negatif. Sehingga saat Anda siap dengan hubungan baru, perasaan Anda sudah lebih positif.

2. Apa yang Anda inginkan?
Apakah Anda hanya ingin sekadar punya pasangan atau ingin lebih serius berencana menikah? Pahami apa yang Anda benar-benar inginkan dari pasangan baru ini. Jika tidak, Anda hanya akan membuang waktu mengencani seseorang yang tidak tepat untuk Anda.

3. Menerima ketidaksempurnaan.
Sebagian orang memasang standar terlalu tinggi sehingga ia tak juga menemukan pasangan. Lalu mereka bertanya-tanya mengapa masih saja melajang. Jangan lagi terjebak dengan hal semacam ini pada 2013.

4. Bergaul.
Sang pangeran takkan datang tiba-tiba mengetuk pintu rumah Anda. Anda juga perlu berupaya menemukannya. Lebih aktiflah dalam berbagai kegiatan. Tak ada salahnya mengikuti kelas hobi di mana banyak potensi pria idaman di sana. Jadi, jangan diam saja, berbaur dan bergaulah.

5. Bantuan teman.
Coba tanyakan kepada teman-teman perempuan Anda. Barangkali mereka punya kenalan yang cocok dengan kriteria Anda. Berkumpulah bersama teman-teman Anda, siapa tahu Anda bertemu dengan seseorang yang tepat untuk menjadi pasangan baru di tahun baru.

6. Kencan Online.
Satu dari lima hubungan berpasangan berawal dari aktivitas online. Jika Anda ingin mencari pasangan lewat jalur online, ikuti insting Anda. Waspada kalau hubungan yang Anda jalin di dunia maya terasa tak menyenangkan apalagi mulai mencurigakan. Temui teman kencan online tiga bulan setelah berkomunikasi rutin di dunia maya. Jangan membangun komitmen lewat kencan online. Anda boleh berkomunikasi lewat internet, tapi bangun komitmen lewat pertemuan langsung.

7. Sukseskan kencan pertama.
Kesan buruk pada kencan pertama takkan membuka peluang untuk kencan kedua. Jadilah sosok menyenangkan, sisipkan humor, tampilkan diri Anda yang terbaik dan tinggalkan hal buruk di rumah. Pria akan memandang Anda atraktif jika Anda merepresentasikan diri dengan baik tanpa berpura-pura. Hanya sebagian kecil pria yang menikmati kencan dengan sosok diva.

8. Pantang menyerah.
Kalau pun Anda sudah mencoba, namun tak juga mendapatkan pasangan pada Maret nanti, bukan berarti Anda tak bisa menemukan pasangan pada Juni. Hanya satu hal yang membuat Anda tetap melajang, yakni berhenti mencoba bahkan menyerah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com