Kompas.com - 11/02/2013, 17:18 WIB
EditorDini

T:
Saya ibu rumah tangga yang sedang menjalankan bisnis online. Kesulitan saya adalah dalam hal pembukuan untuk usaha saya tersebut. Mbak, tolong dibuatkan pembukuan yang sederhana untuk usaha saya tersebut sehingga terlihat keuntungannya. Usaha saya adalah berjualan kerudung. Terima kasih. (Lala Moreno, 39)

J:
Hai Ibu, boleh dong saya dan teman-teman di ZAP Finance dikirimkan kerudung jualannya? Hehe….

Membuat pembukuan untuk usaha sebetulnya sangat mudah. Untuk usaha sederhana yang omzet penjualannya tidak melebihi Rp 50 juta per bulan, saya sarankan Anda untuk membuat pembukuan dengan basis kas. Jadi, Anda hanya akan mencatat terjadinya penjualan saat kas diterima. Coba ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Membuka rekening bank terpisah dari rekening untuk keperluan pribadi
Rekening bisnis menjadi sumber pemasukan dan pengeluaran uang kas bisnis. Apalagi dengan metode online, saya asumsikan Anda tidak menerima pembayaran secara kas keras.

2. Membuat catatan buku besar
Buku besar ini merupakan catatan utama Anda dalam hal penjualan dan pengeluaran. Buatlah kolom-kolom dengan kategori:
* Jenis transaksi
* Uang masuk
* Uang keluar
* Saldo

3. Melakukan rekonsiliasi bulanan
Di awal bulan Maret nanti misalnya, Anda harus melakukan rekonsiliasi antara saldo kas di catatan buku besar dengan saldo akhir di tanggal terakhir bulan Februari. Berhubung Anda mencatat dengan sistem kas dan tidak menerima pembayaran secara kredit, maka angka saldo bank dengan saldo catatan harus sama.

4. Membuat laporan laba-rugi bulanan
Setiap bulan, buatlah laporan laba-rugi untuk mengetahui apakah bisnis Anda memberi keuntungan atau tidak. Usahakan untuk menggaji diri sendiri setiap bulannya, tidak menggunakan uang masuk sebagai keuntungan.

Berikut contoh laporan laba rugi untuk bisnis kerudung Anda (dalam ribuan rupiah).
Pendapatan bisnis     20.000
Harga pokok penjualan     12.000
                                  ---------
Gross profit     8.000
    
Biaya gaji pemilik     5.000
Biaya pemasaran     1.000
Biaya lain-lain     1.000
                                  ----------
Keuntungan bersih     1.000

Semoga bermanfaat ya Bu…

Live a Beautiful Life,
Prita Ghozie (Twitter @PritaGhozie)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X