Kompas.com - 26/03/2013, 22:37 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kecap memang bisa menambah citarasa dan membuat makanan terlihat lebih menggiurkan. Namun meski sangat mudah mengolah makanan dengan kecap, Anda harus memerhatikan teknik memasaknya.

"Salah teknik memasukkan kecap, bisa-bisa masakan jadi kurang enak atau malah gosong," ungkap Chef Degan Septoadji, saat peluncuran produk kecap manis beberapa waktu lalu di Jakarta.

Chef Degan mengungkapkan bahwa setiap masakan punya timing-nya sendiri kapan harus dicampurkan dengan kecap. Untuk masakan seperti ayam kecap, semur, atau masakan lain yang harus dimasak dalam waktu lama agar bumbunya meresap, sebaiknya kecap dimasukkan di awal masakan.

"Setelah bumbu matang, segera masukkan kecap. Proses ini akan membantu kecap benar-benar meresap ke dalam makanan saat dimasak," jelasnya.

Sedangkan untuk masakan tumisan, seperti oseng-oseng tempe kecap dan lain-lainnya, ia menyarankan untuk memasukkan kecap sesaat menjelang diangkat dari penggorengan. Ketika mencampurkan kecap dalam masakan tumisan, Anda hanya ingin mendapatkan rasa manis dan aroma kecap saja. Selain itu, masakan tumisan tidak membutuhkan proses karamelisasi dari kecap yang terlalu lama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.