Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 30.000 Anak Jadi Sasaran Imunisasi

Kompas.com - 28/03/2013, 14:47 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com — Sebanyak 30.000 anak di Kota Madiun, Jawa Timur, akan menjadi sasaran imunisasi DPT (Difteri Pertusis Tetanus). Langkah ini diambil untuk mencegah merebaknya penyakit difteri yang berisiko menyebabkan kematian.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun Agung Sulistya Wardani mengatakan, imunisasi secara massal ini rencanakan akan diadakan bulan Mei 2013. Adapun sasaran imunisasi adalah bayi usia dua bulan hingga anak umur 15 tahun. "Vaksin imunisasi berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah akan membiayai kegiatannya. Imunisasi ini sangat penting untuk mencegah difteri mengingat Kota Madiun angka penderitanya meningkat setiap tahun," ujarnya, Kamis (28/3/2013).

Tahun 2012 lalu, pemerintah sudah melakukan imunisasi difteri dengan sasaran 29.000 anak dan tercapai 100 persen. Tahun ini, kegiatan serupa kembali dilakukan karena jumlah penderita difteri terus meningkat. Sebagai gambaran, tahun 2012 lalu jumlah penderita difteri 25 orang, satu di antaranya meninggal dunia. Pada tahun 2013 ini, baru tiga bulan sudah terdapat 10 penderita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com