Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2013, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda menyadari, kebanyakan juru masak di dunia ini dikuasai oleh para pria? Penelitian yang dilakukan produk kecap Kikkoman Soy Sauce menemukan, meski penguasaan dapur identik dengan urusan perempuan, sekarang ini banyak pria yang tumbuh lebih percaya diri untuk terjun ke dapur dan melakukan aktivitas memasak. Mereka terinspirasi oleh koki selebriti seperti Jamie Oliver dan Gordon Ramsay.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perempuan juga mendapati bahwa pasangan mereka ternyata juga pintar memasak. Sebanyak tiga dari 10 perempuan percaya bahwa pasangannya lebih pandai dalam urusan masak-memasak dibandingkan mereka.

Sebagian besar perempuan juga mengatakan bahwa pasangan mereka lebih berani mengeksplorasi makanan yang akan dimasak. Satu dari 10 perempuan bahkan mengatakan bahwa anak-anak lebih menyukai masakan ayahnya daripada masakan ibunya. Ini sangat bagus untuk melihat bahwa kedua jenis kelamin berbagi paduan masakan, dan para pria tidak lagi gengsi untuk urusan masak-memasak.

Juru bicara Kikkoman Soy Sauce mengatakan, "Selama bertahun-tahun, asumsi umum selama ini dapur didominasi oleh kaum perempuan. Tetapi tampaknya kini para pria menjadi sangat suka memasak daripada sebelumnya. Koki selebriti banyak yang laki-laki, dan mereka telah membuat masakan jauh lebih populer selama beberapa tahun terakhir dan itu menjadi panutan banyak pria untuk melakukan hal yang serupa."

Studi penelitian yang dilakukan oleh 2.000 responden asal Inggris menemukan bahwa sepertiga perempuan mengakui bahwa pasangan mereka merupakan juru masak terbaik di rumah, sementara 36 persen mengatakan suami mereka paling suka bereksperimen dengan hidangan yang lebih eksotis. Satu dari lima perempuan bahkan mengatakan pasangan mereka memasak sebagian besar makanan di rumah, dan rata-rata pria memasak tiga kali makan malam setiap minggunya.

Para peneliti juga menemukan bahwa tiga perempat dari pria yang disurvei menganggap diri mereka sebagai juru masak yang baik, sementara 59 persen lainnya berpikir bahwa memasak merupakan suatu petualangan. Lebih dari tiga perempat pria juga lebih menikmati aktivitas memasak daripada sebelumnya, dan 62 persen menganggap kegiatan ini lebih asyik daripada anggapan di masa lalu.

Hampir dua per lima juga percaya, banyaknya juru masak pria yang terkenal, seperti Jamie Oliver dan Gordon Ramsay, telah membantu untuk menjadikan kegiatan masak-memasak sebagai salah satu hobi yang populer di antara pria. Pria juga lebih pandai bereksperimen sehingga presentasi makanan menjadi lebih eksotis, meski makanan itu bersifat makanan tradisional.

"Ini sangat bagus bagi hubungan kedua jenis kelamin, karena keduanya mampu menghasilkan banyak ketertarikan satu sama lain guna mengeksplor lebih mengenai masakan. Ini juga berarti bahwa akan lebih banyak dilakukan berbagai variasi resep dan selera di rumah, tanpa terjebak dalam kebiasaan makanan yang itu-itu saja," tandas juru bicara Kikkoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com