Operasi Plastik Bikin Wanita Korea Terlihat Sama?

Kompas.com - 26/04/2013, 15:41 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Operasi plastik di Korea Selatan sudah bukan hal yang tabu lagi untuk dilakukan. Bahkan, bedah kosmetik sudah menjadi bagian dari gaya hidup guna mendapatkan kecantikan yang diharapkan. Popularitas operasi plastik di Korea ini sebagian besar didorong obsesi terhadap kecantikan ala selebriti Hollywood.

Begitu memasyarakatnya prosedur operasi plastik menyebabkan para pelaku operasi plastik memiliki paras yang serupa satu sama lain. Hal ini terlihat ketika foto para finalis Miss Korea 2013 beredar di situs Reddit. Banyak orang berspekulasi bahwa hampir seluruh finalis melakukan operasi plastik karena secara umum wajah mereka mirip satu sama lain. Rata-rata memiliki rambut panjang hitam gelap, kulit putih pucat, mata cerah, dan senyum yang menampakkan gigi putih yang berbaris rapi.

Hampir 3.000 orang berkomentar tentang profil para finalis Miss Korea 2013 tersebut. Salah satunya komentar dari pemilik akun HotBrownie, "Begitu banyaknya minat operasi plastik yang dilakukan di Korea mengakibatkan kekacauan operasi plastik hingga pada akhirnya menciptakan wajah yang sama."

"Sebagian besar perempuan Korea akan terlihat serupa dan mereka pun mengakui hal tersebut. Jika pergi ke Seoul, Anda akan melihat rata-rata perempuan di sana seperti saudara sekandung karena mereka terlihat sama akibat prosedur operasi plastik yang sama. Operasi semacam itu sungguh disayangkan karena telah menghilangkan jati diri dan keunikan mereka," imbuhnya.

HotBrownie juga menambahkan, banyak kaum perempuan Korea yang tidak memercayai bahwa secara alami mereka memiliki keindahan tersendiri. Mereka telah terdoktrin dengan konsep pikiran ala barat, di mana penampilan dinilai nomor satu. Hasilnya, mereka pun ingin terlihat sebagai campuran western dan Asia.

"Saya tinggal di Korea dan banyak orang yang mengeluh bagaimana gadis zaman sekarang tidak terlihat seperti orang Korea lagi karena mereka semua telah melakukan operasi plastik," paparnya.

Biasanya, hanya satu dari 77 perempuan di negara Asia yang melakukan operasi plastik guna mendapatkan kecantikan sempurna. Januari lalu, diketahui, di antara negara-negara lain, pasien terbanyak yang melakukan operasi tersebut adalah Korea Selatan. International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS) menunjukkan bahwa pada 2011, 15 juta orang dari seluruh dunia melakukan operasi plastik untuk memperbaiki penampilan mereka.

Meski begitu, popularitas operasi plastik di Korea Selatan mungkin yang paling mengejutkan industri kosmetik. Namun, itulah kenyataannya sekarang. Tahun lalu, 20 persen dari kaum wanita usia 19-49 tahun yang tinggal di kota besar seperti Seoul mengakui telah melakukan operasi plastik pada wajahnya. Salah satu prosedur yang sering diminta adalah operasi garis kelopak mata, yang membuat mata terlihat lebih besar dan membuat mereka tampak lebih western.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X