Kompas.com - 29/04/2013, 21:45 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Membuat kulit pai memang susah-susah gampang. Walaupun bahan yang digunakan sederhana dan cara pembuatannya mudah, tetapi seringkali kulit yang kita buat tidak serenyah seperti yang kita harapkan. Agar sukses membuat kulit pai, ikuti langkah pembuatannya berikut ini:

1.  Tahap pemilihan bahan: Gunakan bahan yang terdiri atas tepung terigu, mentega, cairan (air es atau susu), dan kuning telur.

2.  Pembuatan: Campur tepung dengan mentega, dengan menggunakan pengaduk pai, atau menggunakan 2 pisau. Potong-potong campuran tepung dengan mentega sampai berbutir seperti adonan pasir. Masukkan cairan dan telur, uleni dengan ujung jari sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk. Simpan dalam lemari es, agar adonan lebih menyatu.

3.  Tahap pencetakan: Tipiskan adonan di atas permukaan datar yang telah ditaburi dengan tepung terigu agar adonan tidak lengket. Juga gunakan gilingan kayu yang sudah ditaburi tepung. Pindahkan adonan yang sudah digiling ke dalam cetakan pai yang telah diolesi dengan margarin. Tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu agar kulit pai tidak mengembang waktu dipanggang.

4. Tahap pemanggangan: Isi kulit pai dengan adonan isi, kemudian panggang sampai adonan renyah dan isi pai matang.

(Tabloid Nova/Aini)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.