Kompas.com - 02/05/2013, 09:22 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Lapisan karamel yang berwarna bening kecoklatan dan digunakan untuk menghias kue pasti mengundang selera makan Anda. Namun, seringkali, karena penambahan air yang terlalu banyak membuat karamel ini sulit mengeras. Bukan hanya takaran air saja yang kurang tepat, kesalahan lain yang sering dilakukan adalah metode pembuatan yang salah sehingga karamelnya terlalu lengket dan sulit dilepas dari wadah memasaknya.

Agar karamel ini mengeras sempurna, memiliki warna yang cantik, dan tidak terlalu lengket di wajan, ada beberapa trik saat membuatnya. Ini dia:
1. Masukkan gula pasir ke dalam wajan yang sudah dipanaskan sebentar dengan api kecil. Lalu tambahkan air ke dalamnya. Aduk perlahan dengan menggunakan sendok kayu dengan perlahan sampai gula ini larut.

2. Ketika gula sudah larut, terkadang masih ada butiran gula pasir yang menggumpal atau menempel di pinggiran wajan dan susah larut. Butiran gula ini harus dibersihkan agar dalam karamel Anda tidak kasar dan terlihat mulus saat disajikan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kuas pastry yang sudah dicelupkan dalam air. Oleskan kuas ini di sisi sekitar wajan tempat butiran gula yang menempel.

3. Setelah sisi wajan bersih, lanjutkan memasak karamel sampai larutan gula ini berubah warna menjadi kecoklatan. Ingat, Anda tak boleh mengaduknya karena bisa merusak konsistensinya. Masak sampai karamel ini sedikit lengket, kemudian angkat. Selagi masih cair bentuk sesuai selera. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X