Kompas.com - 17/05/2013, 23:51 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa bergabung dalam sebuah paduan suara bisa memperbaiki banyak hal dalam pikiran Anda.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Music oleh para peneliti di Abant Izzet Baysal University, Turki, ini mengungkapkan bahwa bernyanyi dalam paduan suara dikaitkan dengan tingkat penurunan kecemasan (anxiety disorder).

Penelitian ini melibatkan 35 orang yang ditugaskan bernyanyi selama satu jam pada sebuah paduan suara. Peneliti menganalisis dampak positif dan negatif, serta tingkat kecemasan mereka dan amilase saliva (enzim yang sering digunakan sebagai penanda untuk peradangan).

Para peneliti menemukan, peserta yang ditugaskan untuk bernyanyi tersebut memiliki penurunan dampak negatif dan kecemasan dibandingkan dengan orang yang bernyanyi di luar paduan suara.

Bergabung dalam sebuah paduan suara bisa memberikan manfaat pada kesehatan mental juga. Science Nordic melaporkan, peneliti Norwegia sebelumnya melaporkan bahwa partisipasi dalam paduan suara dihubungkan dengan kesehatan dan keterlibatan kerja yang lebih baik.

"Bernyanyi selain memberikan kesehatan fisik, juga psikologis," kata Graham Welch, ketua pendidikan musik di University of London. Bermanfaat secara  fisik karena dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Sedangkan secara psikologis, karena dapat menurunkan stres dan meningkatkan perasaan menjadi lebih baik.

(Tabloid Nova/Ester Sondang)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.