Kompas.com - 21/05/2013, 10:23 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, khasiat madu ternyata tak cuma sebatas itu saja. Madu juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit secara alami. Tak aneh kalau sekarang ini banyak madu dicampur dalam berbagai macam losion pelembab kulit.

Cairan yang dihasilkan dari lebah ini memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Vitamin dalam madu, khususnya vitamin C, bisa membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh sinar UV. Selain itu, madu juga mengandung vitamin B5 yang membantu mengatur produksi minyak di kulit dan melembabkan kulit kering. Sedangkan kandungan antioksidannya bisa membantu membunuh bakteri dan mikroba yang menempel di kulit.

Madu juga mudah diaplikasikan di wajah sebagai masker. Caranya, ambil madu secukupnya, kemudian ioleskan ke wajah. Diamkan sampai kering, dan bilas. Namun, untuk hasil maksimal, Anda bisa mencampur madu dengan bahan lain ke dalam madu sebelum diaplikasikan ke wajah sebagai masker.

1. Jus jeruk
Campur dua sendok teh madu dengan 2 sendok teh jus jeruk. Campur sampai rata, kemudian oleskan ke wajah yang sudah dbersihkan. Campuran ini tidak hanya bisa melembabkan kulit, namun juga menghaluskan dan mempertegas warna kulit Anda.

2. Apel
Kupas apel yang sudah matang, kemudian haluskan. Tambahkan empat sendok teh madu, dan campur sampai rata. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Pisang
Pisang juga dikenal sebagai buah yang bisa melembabkan kulit. Pertama-tama haluskan pisang, kemudian campur dengan madu. Oleskan ke wajah dan leher, diamkan 5-10 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Minyak almond
Campuran minyak almond dan madu akan menjadi formulasi losion. Campur secangkir madu dan secangkir minyak almond. Oleskan pelembab alami ini, dan diamkan selama 15 menit. Seka dengan tisu basah atau kain katun sampai bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Oatmeal
Rebus secangkir oatmeal dan campur dengan setengah cangkir madu. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat. Campuran ini akan membantu Anda mendapatkan kulit yang bercahaya dan mengurangi sensitivitas kulit akan sengatan matahari.

6. Alpukat
Haluskan alpukat, kemudian campur dengan madu. Oleskan di wajah dan leher, diamkan dan kemudian bilas sampai bersih. Masker ini berfungsi untuk mengatasi kulit kering karena alpukat mengandung minyak esensial yang alami. Campuran alpukat dan madu akan membantu menyehatkan, mengencangkan, dan memperbaiki warna kulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.