Kompas.com - 02/06/2013, 23:24 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Ketika membuat kue kering, seringkali adonan basah dengan hasil kue kering menjadi berbeda jauh jumlahnya. Karena hasilnya jadi terlalu banyak, adonan yang tersisa bisa disimpan dan dipanggang sewaktu-waktu. Malahan, aAda beberapa jenis adonan kue kering yang makin lama disimpan justru akan jadi makin enak. Misalnya, drop cookies (kue yang dicetak dengan sendok), kue choco chip, kue oatmeal, dan kue jahe.

Berikut cara tepat untuk menyimpan adonan kue kering:

1. Jangan menyimpan adonan dalam ukuran yang besar. Sebaliknya, simpan adonan dalam ukuran yang kecil. Bagi adonan dengan menggunakan bantuan sendok es krim. Sendok ini akan membantu membagi adonan sama besar dan rata. Letakkan adonan ini dalam loyang pemanggang, kemudian bekukan selama 15-20 menit.

2. Setelah beku, pindahkan adonan ke dalam wadah penyimpan. Kemudian  tutup rapat dan simpan kembali dalam freezer. Dengan cara ini, adonan kue bisa bertahan sampai tiga bulan. Ketika ingin memanggangnya kembali, Anda tinggal mengambil adonan ini secukupnya, dan letakkan dalam loyang pemanggang. Anda tak perlu melumerkan adonan terlebih dulu. Panggang saja seperti biasa. Anda hanya perlu untuk menambahkan 1-2 menit dari total waktu memanggang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.