Hindari Makanan Ini Saat Hamil Dua Bulan

Kompas.com - 10/07/2013, 16:51 WIB
Bumil harus berhati-hati saat memilih makanan yang akan dikonsumsi, khususnya di bulan kedua kehamilan. SHUTTERSTOCKBumil harus berhati-hati saat memilih makanan yang akan dikonsumsi, khususnya di bulan kedua kehamilan.
|
EditorWawa
KOMPAS.com -  Memasuki bulan kedua kehamilan, Anda pasti masih merasakan gejala seperti di bulan pertama, termasuk mual, muntah, sering buang air kecil, daya tahan tubuh menurun, dan perubahan mood. Anda juga masih mulai merasakan ngidam pada makanan-makanan tertentu.

Memasuki bulan kedua, pertumbuhan embrio sangatlah pesat. Di bulan ini, semua organ penting dan sistem saraf tubuh mulai berkembang. Mengingat pentingnya fase pertumbuhan bayi di bulan ini, ada baiknya Anda sangat berhati-hati saat memilih makanan yang dikonsumsi.

Belum tentu semua makanan yang dianggap sehat dan kaya protein, aman dikonsumsi saat hamil. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat memasuki bulan kedua kehamilan.

1. Olesan daging (mentah atau setengah matang)
Ini adalah salah satu makanan yang harus dihindari selama hamil, terutama di bulan kedua kehamilan. Daging ini mengandung bakteri Listeria yang buruk bagi pertumbuhan bayi. Daging yang sudah disimpan dalam lemari es (daging tak segar) juga harus dihindari. Pastikan daging yang Anda makan adalah daging yang benar-benar matang sempurna.

2. Keju lunak
Beberapa jenis keju seperti Camembert (keju Perancis yang bertekstur lunak bahkan agak cair dan terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi), Roquefort (disebut juga blue cheese dan dibuat dari susu domba), Brie (keju Prancis dari susu sapi). Jenis keju-keju ini mengandung jamur dan bakteri E.coli yang berpengaruh buruk selama kehamilan.

3. Hati
Beberapa perempuan hamil biasanya suka mengonsumsi hati selama kehamilan. Ketika tidak hamil, hati memang bermanfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin terutama vitamin A. Namun saat hamil, vitamin A dari hati ini bisa berubah menjadi senyawa yang "jahat" dan menyebabkan keguguran.

4. Susu yang tidak dipasteurisasi
Hindari konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi karena dikhawatirkan mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan. Susu unpasteurized ini mengandung bakteri seperti Salmonella.

5. Bahan makanan mentah
Sushi yang berisi makanan atau ikan mentah juga sebaiknya dihindari. Seafood kupas mentah lain seperti crabstick, udang dan lobster juga dihindari. Daging ikan tuna yang biasanya paling nikmat disantap mentah juga tak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Daging ikan tuna ini mengandung bahan kimia merkuri yang cukup tinggi dan berbahaya untuk bayi.

Selain seafood, makanan lain yang mentah seperti telur mentah, adonan kue mentah (walau hanya mencicipi) juga dikhawatirkan masih mengandung bakteri Salmonella.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Boldsky
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X