Kompas.com - 12/07/2013, 13:57 WIB
Pria yang tak nyaman dengan bentuk tubuhnya mengalami gangguan aktivitas seks. SHUTTERSTOCKPria yang tak nyaman dengan bentuk tubuhnya mengalami gangguan aktivitas seks.
|
EditorWawa

KOMPAS.com – Tak hanya perempuan yang memedulikan penampilan mereka di hadapan pasangan, para pria pun merasakan hal serupa. Pria yang tidak nyaman dengan bentuk badannya dapat memengaruhi hasrat seksualnya.

Dr Pam Spurr, penulis Sexy Tips: A Couple's Guide to Uninhibited Sexual Pleasure, mengatakan jika pria merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya sendiri, maka ia akan “membiarkan” dirinya untuk mengkonsumsi makanan apapun sehingga membuat berat tubuhnya makin meningkat. Kepercayaan diri pun memudar, termasuk saat melakukan aktivitas seksual.

“Tapi kabar baiknya, keadaan seperti itu masih bisa diselamatkan. Cobalah jalan-jalan bersamanya, lakukan hobi yang sama. Setelah Anda berhasil membangun beberapa aktivitas bersama, maka mulai kendalikan dirinya untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat,” saran Dr Spurr.

Selanjutnya, tingkatkan kepercayaan diri mengenai citra tubuhnya. Mintalah padanya untuk berbagi semua keluh kesah yang ia hadapi, baik bicara langsung maupun melalui hubungan telepon atau email. Dengan begitu, si dia akan belajar bagaimana membangun komunikasi dengan pasangan, dan mengalihkan emosinya termasuk mencegahnya "melarikan" diri pada makanan.

Terkait kehidupan seks pasangan menikah, tetaplah berbicara dengannya. Katakan padanya Anda akan lebih senang dengan aktivitas foreplay daripada seks penetratif penuh. Hubungan seks yang bahagia adalah ketika Anda memahami kebutuhan masing-masing dan siap untuk memberi serta menerima.

Begitu dia sedikit lebih aktif, makan menjadi lebih baik, dan lebih banyak terbuka berbicara dengan Anda, aktivitas seksnya pun mungkin akan meningkat. Tapi jika dia masih tertekan, ia mungkin memerlukan pengobatan lebih lanjut dengan tenaga ahli.



Sumber The Nest
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X