6 Langkah Tetap Langsing Saat Liburan

Kompas.com - 15/07/2013, 18:39 WIB
Tetap jaga kesehatan di tempat liburan. shutterstockTetap jaga kesehatan di tempat liburan.
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Musim liburan sudah di depan mata, biasanya saat-saat liburan seperti ini Anda tidak bisa mengontrol asupan makanan ke dalam tubuh. Nah, supaya tidak kebablasan, ikuti pola makan selama liburan yang disarankan Cheryl Forberg, RD, ahli nutrisi dari Omni Hotels & Resort berikut ini.

Hindari makanan dari bandara. Ya, keinginan untuk makan saat Anda sedang berada di dalam pesawat ternyata cukup besar. Makanan yang ditawarkan oleh awak pesawat memang membuat Anda sulit menolaknya.

“Pilihlah sandwich yang berisi sayuran dan dibubuhi buah alpukat di dalamnya, daripada dilapisi saus krim atau mayones. Atau pilih menu salad, karena makanan tersebut dapat mempertahankan suhu tubuh Anda dari keinginan mengonsumsi makanan manis atau cemilan. Pilih minuman susu kedelai ketimbang soft drink,” ujar Cheryl.

Jangan lupa bawa sepatu olahraga. Jika Anda ketinggalan sepatu lari Anda, tanyakan pada hotel tempat Anda menginap. “Banyak hotel yang meminjamkan sepatu fitnes beserta pakaiannya untuk aktivitas olahraga yang ingin dilakukan oleh penghuninya,” kata Cheryl.

Di setiap kamar hotel biasanya juga tersedia kulkas kecil. Nah, manfaatkan kulkas tersebut untuk menyimpan buah-buahan. Hal ini agar Anda lebih memilih cemilan buah daripada soft drink, cokelat, dan makanan manis lain.

Tetap pilih menu sehat. Cari tahu restoran atau tempat makan yang menyediakan menu sayuran di lokasi Anda berlibur. Hal ini agar Anda tetap mengonsumsi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh. “Jika tidak sempat mencari restoran (yang baik), Anda juga bisa meminta layanan hotel untuk memasak menu sehat sesuai dengan kebutuhan Anda,” ujar Cheryl.

Instal aplikasi di gadget Anda. Menggunakan aplikasi gadget mengenai lokasi berlibur Anda akan memudahkan Anda menemukan tempat makanan atau supermarket yang menjual menu-menu sehat. “Memanfaatkan aplikasi yang tersedia di gadget juga akan memudahkan Anda untuk mengekplorasi lebih jauh lokasi liburan Anda,” tambah Cheryl.

Pilih jalan kaki. Salah satu kesenangan pada saat berlibur adalah mengeksplorasi tempat-tempat di lokasi liburan Anda. Nah, daripada menggunakan kendaraan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut, coba ubah hal itu dengan berjalan. “Dengan berjalan, Anda dapat membakar kalori lebih banyak, sekaligus bisa menikmati pemandangan sekitar lebih nikmat,” ujar Cheryl.

Ingatlah untuk memanjakan diri. Tentu saja! Memanjakan diri dengan makanan penting adanya. Tapi ingat, makanan yang masuk harus pula seimbang dengan energi yang dikeluarkan. Jadi, seimbangkan semua aktivitas Anda agar liburan tetap sehat dan berat badan terjaga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Glamour
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X