Jangan Menjalin Hubungan karena Takut Kesepian

Kompas.com - 13/12/2013, 08:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Menghadapi libur panjang dan menghadiri undangan pesta di akhir tahun memang tidak menyenangkan dan juga bikin kita kesepian jika tak punya pasangan. Tetapi jangan pernah memaksakan diri untuk menjalin hubungan hanya karena Anda takut kesepian.

Rasa takut kesepian adalah alasan yang membuat banyak hubungan lebih cepat kandas. Kecemasan dan rasa stres karena melihat banyak orang sudah berpasangan memang sering membuat orang melupakan standarnya dan memilih orang yang sebenarnya kurang cocok.

Penelitian yang dilakukan di Kanada terhadap pria dan wanita berusia 18-59 tahun menunjukkan, ketakutan akan menjadi "jomblo" membuat kebanyakan orang memilih pasangan yang jauh dari kriteria ideal mereka.

Penelitian itu dilakukan melalui wawancara untuk mengukur "skala ketakukan tak punya pasangan". Mereka yang nilainya paling tinggi adalah orang yang memiliki self-esteem rendah dan punya kecemasan lebih besar.

Meski biasanya wanita lebih takut pada kesepian sehingga banyak yang menikah atau berpacaran dengan orang yang tak begitu cocok, tetapi ternyata cukup banyak pria yang juga mengalaminya.

"Kesepian adalah pengalaman yang menyakitkan baik untuk pria atau wanita. Jadi tak mengejutkan jika ketakutan menjadi lajang juga dialami kedua gender ini," kata salah satu peneliti Geoff MacDonald.

Salah satu alasan terbesar mengapa menjadi jomblo adalah hal yang berat adalah karena masyarakat masih menganggap aneh orang yang tidak menikah.

Ketakutan itu membuat banyak orang mengubur keinginan, kebutuhan dan tujuan mereka akan standar ideal pasangan hanya karena mereka tak mau kesepian. Pada pria mungkin alasan ini bertambah karena mereka juga ingin berada dalam hubungan seksual.

Pada akhirnya memaksakan diri seperti itu akan merugikan kita sendiri dan juga pasangan. Jika si dia memang tak cocok, jangan habiskan waktu Anda pada sesuatu yang tak bisa membuat Anda bahagia.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber askmen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X