Kompas.com - 14/12/2013, 08:12 WIB
Jungkir balik adalah salah satu olahraga yang cocok untuk anak usia lima tahun SHUTTERSTOCKJungkir balik adalah salah satu olahraga yang cocok untuk anak usia lima tahun
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Olahraga tak cuma baik untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Hanya saja, tak mudah mengajak mereka untuk berolahraga. Mereka memang sangat aktif bergerak, namun ini bukan jaminan mereka mau diajak berolahraga.

"Anak-anak di usia ini memang sangat aktif, tetapi dalam cara yang berbeda dari orang dewasa. Anda tidak akan melihat anak-anak joging selama 30 menit tanpa henti. Biasanya mereka hanya akan melakukannya selama 5-10 detik, berhenti, kemudian lari lagi," ungkap Avery Faigenbaum, Ed.D, seorang profesor dari The College of New Jersey.

Untuk anak-anak, olahraga memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda dengan orang dewasa. Aktivitas ini penting untuk membangun stamina, memperkuat tulang dan otot serta mengasah keseimbangan dan koordinasi. Selain itu, olahraga juga akan mengembangkan keterampilan gerakan dasar seperti berlari, melompat, melempar, menangkap dan lainnya.

Hal terpenting adalah pilih jenis olahraga yang tepat untuk anak agar manfaat dan tujuan aktivitas ini tercapai. Satu yang pasti, pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan usia anak Anda, karena olahraga anak sangatlah berbeda dengan jenis olahraga dewasa.

1. Usia dua tahun
Untuk anak usia dua tahun, olahraga yang paling cocok antara lain, - Berjalan santai tanpa berpegangan dengan tangan Anda
- Menarik mainan sambil berjalan
- Mengangkat mainan sambil berjalan
- Mulai berjalan
- Berjinjit
- Menendang bola
- Naik dan turun sofa
- Jalan dan naik turun tangga

2. Usia tiga tahun
- Memanjat
- Naik turun tangga dengan kaki bergantian
- Menendang dan mengarahkan gerak bola
- Berlari
- Mengayuh sepeda roda tiga
- Membungkuk dan tegak dengan mudah

3. Usia empat tahun
- Meloncat dan berdiri dengan satu kaki selama lima detik
- Naik turun tangga tanpa bantuan
- Menendang bola ke depan dengan lurus
- Melempar bola melewati panjang tangan
- Menangkap bola yang dipantulkan
- Bergerak maju mundur dengan mudah

4. Usia lima tahun
- Berdiri satu kaki selama 10 detik atau lebih
- Melompat lincah
- Jungkir balik
- Bermain ayunan
- Berlari aktif



Sumber Parenting
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X